JakVR - Virtual Reality Guide

Meski Dekat, Blitar Cukup Aman dari Abu Kelud

Rumah rumah warga yang tertutupi abu vulkanik tebal letusan Gunung Kelud di desa Ngancar, Kediri, Sabtu (15/2). Gunung Kelud meletus melontarkan material vulkanik berupa kerikil dan abu, yang mentupi hampir seluruh kawasan di Kediri dan Blitar. TEMPO/Fully Syafi

TEMPO.CO, Blitar –  Sebagian besar wilayah Kabupaten Blitar terhindar dari semburan abu Gunung Kelud kendati secara geografis posisinya sangat dekat dengan gunung yang meletus Kamis malam 13 Februari 2014 ini. Berdasarkan pantauan Tempo, hingga Sabtu, 15 Februari 2014, abu Kelud tidak tampak mengguyur wilayah yang berada di selatan Gunung Kelud ini.

Koordinator Komunikasi Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Blitar, Topah, mengatakan hingga saat ini wilayah Kabupaten Blitar relatif aman dari guyuran abu Kelud. “Blitar aman-aman saja,” kata Topah kepada Tempo, Sabtu 15 Februari 2014 pagi. Namun, kata dia, pihak Pemerintah Kabupaten Blitar tetap siaga menghadapi kemungkinan adanya erupsi susulan. Kata Topah, sejumlah kecamatan di Kabupaten Blitar masuk dalam ring bahaya primer letusan Gunung Kelud.

Topah mendapat informasi bahwa semburan abu vulkanik Gunung Kelud disertai dengan energi yang kuat sehingga semburannya sampai ketinggian 17 kilometer. Artinya daerah yang berada di radius 5 hingga 10 kilometer hanya terkena pasir dan kerikil saja saat erupsi terjadi Kamis malam. “Namun abunya sampai jauh ke mana-mana,” kata Topah. Guyuran material vulkanik berupa kerikil dan pasir itu juga tidak sampai ke seluruh Kabupaten Blitar. 

Pantauan Tempo di Pasar Wlingi, aktifitas warga masih berjalan normal. Warga terlihat tenang-tenang saja, termasuk di sejumlah desa yang berada di radius kurang dari 10 kilometer dari gunung Kelud. “Memang masih khawatir dengan waktu Kamis malam lalu. Tapi warga saat ini mulai tenang,” kata Jemirin, warga Desa Gadungan, Kecamatan Gandusari. Kecamatan Gandusariu masuk dalam ring bahaya primer letusan Kelud.

DAVID PRIYASIDHARTA

BERITA LAINNYA
Letusan Gunung Kelud Jadi Perhatian Dunia  
Jangan Langsung Siram Abu Vulkanik  
Korban Ustad Hariri Akhirnya Buka Suara
Alasan Kelud Dijuluki ‘Deadliest Volcano’ 
SBY Angkat Mbah Rono Jadi Kepala Badan Geologi  


tempo

guegamersBerita & PolitikCO,DAVID,Gunung Kelud,Kabupaten Blitar,TEMPO
Rumah rumah warga yang tertutupi abu vulkanik tebal letusan Gunung Kelud di desa Ngancar, Kediri, Sabtu (15/2). Gunung Kelud meletus melontarkan material vulkanik berupa kerikil dan abu, yang mentupi hampir seluruh kawasan di Kediri dan Blitar. TEMPO/Fully Syafi TEMPO.CO, Blitar -  Sebagian besar wilayah Kabupaten Blitar terhindar dari semburan abu...

Comments

comments