JakVR - Virtual Reality Guide

Berolahraga selama satu jam sehari bisa mengurangi risiko kanker payudara. (iStockphoto)

Berolahraga selama satu jam sehari bisa mengurangi risiko kanker payudara. (iStockphoto)

VIVAlife – Wanita, jangan sepelekan olahraga. Berdasarkan penelitian yang dirilis di European Breast Cancer Conference, Glasgow, berolahraga selama satu jam sehari bisa mengurangi risiko kanker payudara sebesar 11 persen.

Dalam penelitian ini, ilmuwan Prancis meneliti hasil 37 studi yang melibatkan lebih dari empat juta wanita. Mereka menemukan bahwa manfaat olahraga dalam kaitannya mengurangi risiko kanker payudara berlaku bagi wanita dengan berbagai usia dan berat tubuh. Dengan berolahraga selama satu jam sehari, mereka akan mendapatkan manfaat yang sama.

“Ini semua adalah penelitian yang melihat hubungan antara latihan fisik dan risiko kanker payudara yang telah diterbitkan sampai saat ini, sehingga kami yakin bahwa hasil analisis kami kuat,” ujar peneliti dari International Prevention Research Institute, Lyon, Prancis, Profesor Mathieu Boniol seperti dilansir laman Daily Mail.

Menurut Boniol, latihan fisik merupakan cara sederhana dan murah untuk mengurangi risiko penyakit yang akan menelan biaya tak sedikit bagi pasien dan keluarga.

Penelitian yang dilakukan Boniol memang fokus pada olahraga berat. Namun penelitian sebelumnya memperlihatkan bahwa aktivitas moderat, seperti berjalan selama satu jam sehari juga mampu menekan risiko kanker payudara dibandingkan wanita yang tidak aktif.

Di Inggris, warga disarankan melakukan aktivitas moderat selama 150 menit, seperti berkebun, menari, jalan cepat, atau 75 menit olahraga berat seperti lari atau aerobik setiap pekan. Namun sayangnya tiga dari empat warga Inggris gagal untuk memenuhi saran ini.


viva

guegamersBerita & PolitikDi Inggris,European Breast Cancer Conference,International Prevention Research Institute,Menurut Boniol,Profesor Mathieu Boniol
Berolahraga selama satu jam sehari bisa mengurangi risiko kanker payudara. (iStockphoto) Berolahraga selama satu jam sehari bisa mengurangi risiko kanker payudara. (iStockphoto) VIVAlife - Wanita, jangan sepelekan olahraga. Berdasarkan penelitian yang dirilis di European Breast Cancer Conference, Glasgow, berolahraga selama satu jam sehari bisa mengurangi risiko kanker payudara sebesar 11 persen. Dalam...

Comments

comments