JakVR - Virtual Reality Guide

Park Seo Yeon menyiarkan aksi makannya lewat internet. (Reuters)

Park Seo Yeon menyiarkan aksi makannya lewat internet. (Reuters)

VIVAlife – Wanita cantik itu sibuk menata berbagai hidangan khas Korea Selatan di depan layar komputer. Tak lama kemudian, ia menyalakan kamera video. Wanita bernama Park Seo Yeon ini pun mulai menyantap hidangan lezat tersebut satu per satu.

Seo Yeon tidak sendirian. Ribuan “pasang mata” tengah mengawasinya menyantap makan malam. Dinamakan gastronomic voyeurism, ini adalah tren terbaru di Korea Selatan.

Seo Yeon yang dikenal dengan nama panggung “The Diva” menyiarkan ritual makannya setiap hari selama tiga jam lewat internet. Itu semua ia lakukan dari apartemennya.

Pengguna internet dapat berinteraksi dengan Seo Yeon lewat fitur chatting, atau balon virtual yang bisa diubah menjadi uang tunai. Setiap bulannya, Seo Yeon bisa menghasilkan uang sebanyak US$9.000 atau setara dengan Rp109,6 juta dari “pamer” video ini.

Dengan penghasilan yang menjanjikan, Seo Yeon pun keluar dari pekerjaannya di sebuah perusahaan konsultan.

“Orang-orang menikmati kesenangan seolah mengalaminya sendiri lewat pertunjukan online saya ketika mereka tidak bisa makan sebanyak itu, atau tidak ingin makan di malam hari, atau sedang diet,” ujar Seo Yeon seperti dilansir kantor berita Reuters.

Saat ini, setidaknya ada 3.500 orang di Korea Selatan melakukan program online serupa. Beberapa di antaranya disponsori oleh restoran. Menurut salah seorang pengguna internet, program online ini membuat makan sendirian jadi tidak terasa canggung.

“Rasanya seolah-olah saya makan banyak dengannya. Saya kira pertunjukan tersebut mengenai ini. Dan mungkin, hal itu membuat nyaman orang-orang yang makan sendirian,” ujar pengguna internet berusia 26 tahun, Park Sun Young. (umi)


viva

guegamersBerita & PolitikKorea,Park Sun Young,Seo Yeon,US
Park Seo Yeon menyiarkan aksi makannya lewat internet. (Reuters) Park Seo Yeon menyiarkan aksi makannya lewat internet. (Reuters) VIVAlife - Wanita cantik itu sibuk menata berbagai hidangan khas Korea Selatan di depan layar komputer. Tak lama kemudian, ia menyalakan kamera video. Wanita bernama Park Seo Yeon ini pun mulai menyantap hidangan...

Comments

comments