JakVR - Virtual Reality Guide

Panwaslu Perbatasan Awasi Mobilisasi TKI

Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu), mengamati peolehan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakli Gubernur Jawa Barat di Aula KPU, Bandung, Jabar, Minggu (3/3). ANTARA/Fahrul Jayadipuitra

TEMPO.CO, Samarinda – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara menduga, sebagai daerah perbatasan negara, kabupaten tersebut dinilai rawan pengerahan tenaga kerja dari Malaysia saat pemungutan suara nanti. “TKI itu ada yang legal dan ilegal yang bisa sewaktu-waktu kembali ke Indonesia, ini sangat mungkin terjadi,” kata Abdul Kadir dihubungi dari Samarinda, Selasa, 11 Februari 2014. (Baca: 650 Ribu WNI di Malaysia Tak Memiliki Dokumen)

Ketua Panwaslu Nunukan, Abdul Kadir mengatakan meski aturan sudah sangat ketat menyangkut pemilih, sangat mungkin mobilisasi terjadi oleh calon legislator. Menurut dia yang menjadi titik rawan adalah wilayah yang berbatasan darat seperti di Kecamatan Simanggaris, Sebuku, Sebatik dan Krayan.

Menurut dia, secara aturan memang tertutup kemungkinan. Namun semuanya bisa terjadi dengan memanfaatkan surat suara yang tak terpakai.

“Jangan sampai surat suara di TPS digunakan oleh orang lain, bisa jadi TKI legal dan ilegal yang kembali ke kampung halaman,” kata dia.

Saat ini, menurut dia, jumlah pemilih terdata sebanyak 128.401 pemilih. Lebih empat ribu diantaranya pemilih dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Invalid. Menurut Kadir mereka semua masih ke dalam daftar pemilih normal. “Seharusnya masuk daftar pemilih khusus,” kata dia.

FIRMAN HIDAYAT

Berita lain:
Reaksi Anggito Saat Dilapori Korupsi Dana Haji
Jokowi Diminta Audit Busway ‘Baru tapi Bekas’ 
Keluarga Masih Bungkam Soal Foto Asmirandah 
Kantor Importir Bus Transjakarta tanpa Aktivitas
Kasus Sisca Yofie, Ini Kesaksian Istri Terdakwa


tempo

guegamersBerita & PolitikCO,FIRMAN,Malaysia,TEMPO,TKI
Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu), mengamati peolehan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakli Gubernur Jawa Barat di Aula KPU, Bandung, Jabar, Minggu (3/3). ANTARA/Fahrul Jayadipuitra TEMPO.CO, Samarinda - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara menduga, sebagai daerah perbatasan negara, kabupaten tersebut dinilai rawan pengerahan tenaga kerja...

Comments

comments