JakVR - Virtual Reality Guide

Jum’at, 25 April 2014 | 06:53 WIB

PDIP Klaim Kuasai 16 Kursi DPRD Banten

Suasana kampanye PDI Perjuangan mensosialisasikan Calon Legislatif, di Lapangan Tri Lomba Juang, Semarang, Jawa Tengah (27/3). PDIP bertekad memenangkan Pemilu 2014 dengan menjanjikan pengurangan kemiskinan dan membuka lapangan kerja. TEMPO/Budi Purwanto

TEMPO.CO, Serang – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) diprediksi menjadi pemenang dalam pertarungan pemilu legislatif 9 April lalu. PDIP pun bakal memperoleh kursi terbanyak di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banten, yakni 16 kursi. Atas hasil tersebut, kursi Ketua DPRD Banten periode 2014-2019 bakal diduduki oleh PDIP.

Pelaksana harian (Plh) Ketua DPD PDIP Banten, Ribka Tjiptaning, menyatakan dari hasil perolehan suara diprediksi caleg dari PDIP yang lolos ke DPRD Banten merupakan campuran antara petahana dan pendatang baru. “Ada yang benar-benar baru, tapi juga ada sebelumnya menduduki jabatan pimpinan di DPRD kabupaten/kota. Semua memiliki kesempatan yang sama,” kata Ribka Kamis, 24 April 2014.

Ribka mengatakan, partai sudah menyiapkan mekanisme untuk melakukan seleksi kader yang akan menduduki jabatan Ketua DPRD Banten tersebut. “Kami sudah membuat rumusannya, yakni akan dilakukan uji kelayakan dan kepatutan kepada anggota DPRD Banten dari PDIP yang terpilih,”  katanya.

Sementara, untuk posisi kedua, diprediksi diraih Partai Golkar dengan 15 kursi. Ketua DPD Golkar Provinsi Banten, Ratu Tatu Chasanah, mengatakan bahwa suara Golkar meningkat walaupun tidak sesuai dengan target yaitu 17 kursi.  “Alhamdulillah perolehan kursi di tingkat provinsi naik. Dulu kami 13 kursi sekarang 15 kursi. Tapi sayang tidak menjadi yang pertama,” kata Tatu.

Tak hanya di Banten, PDI-Perjuangan juga unggul di Jawa Timur. Ini berdasarkan survei yang digelar lembaga riset politik Proximity, (Baca: Survei: PDIP Ungguli PKB di Kandang NU).

Survei yang diikuti 1.600 responden dengan teknik multistage random sampling dan margin of error 2,45 persen itu menempatkan PDIP pada posisi puncak dengan suara 24,6 persen. Sedangkan PKB meraih 22,4 persen; Partai Gerindra 9,5 persen; Partai Demokrat 7,8 persen; dan Partai Golkar 5,1 persen.

Adapun untuk Kabupaten Tangerang, dari hasil rapat pleno terbuka KPU, Partai Golongan Karya menguasai perhitungan suara pemilu legislatif 2014. Menurut Ketua KPU Kabupaten Tangerang Akhmad Jamaludin, Rabu, 23 April 2014, partai berlambang pohon beringin itu unggul di hampir enam daerah pemilihan dengan suara sebanyak 223.192. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menempel ketat dengan 217.575 suara. (Baca: Golkar Kuasai 7 Kursi DPRD Kabupaten Tangerang).

WASI UL ULUM

Topik terhangat:
Hadi Poernomo | Pelecehan Siswa JIS | Kisruh PPP | Jokowi | Prabowo

Terpopuler:

Hadi Poernomo: Saya Menikahi Anak ‘Wong Sugih’
Jokowi Nangis Gara-gara Jam Tangan
Akuisisi Batal, Dahlan: Saya Seolah Menteri Ngawur 
Pelawak Oni dan Bekas Bupati Aceng ke Senayan


tempo

guegamersBerita & PolitikDPD,DPRD,Kabupaten Tangerang,PDI,pemilu
Jum'at, 25 April 2014 | 06:53 WIB Suasana kampanye PDI Perjuangan mensosialisasikan Calon Legislatif, di Lapangan Tri Lomba Juang, Semarang, Jawa Tengah (27/3). PDIP bertekad memenangkan Pemilu 2014 dengan menjanjikan pengurangan kemiskinan dan membuka lapangan kerja. TEMPO/Budi Purwanto TEMPO.CO, Serang - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) diprediksi menjadi pemenang dalam pertarungan...

Comments

comments