JakVR - Virtual Reality Guide

Ilustrasi makan di dalam mobil (traintosweatt.com)

Ilustrasi makan di dalam mobil (traintosweatt.com)

VIVAlife – Mata dan perut tak bisa dikompromi jika melihat makanan. Hal ini yang membuat seseorang tak berhenti makan sepanjang hari. Setelah selesai makan besar, mulut tak berhenti untuk mengunyah cemilan. 

Kebiasaan sulit berhenti makan terungkap secara ilmiah. Penelitian yang ditulis di dalam American Journal of Clinical Nutrition ini, menganalisis sekitar 134 ribu wanita paruh baya dan lansia. Hampir enam persen dari mereka memenuhi kriteria kecanduan makan.

Seperti dikutip dari Today, studi yang dilakukan oleh The Food Addiction Scale ini, juga menemukan bahwa pecandu makan, lebih mungkin terjadi pada wanita yang masih lajang dan tidak merokok. Peneliti menduga, kecanduan merokok telah menggeser hasrat candu pada makanan, proses ini disebut transferensi kecanduan.

Walaupun kecanduan makanan terkait dengan berat badan, data menunjukkan bahwa wanita dengan berat badan normal atau bahkan kurus bisa merasakan candu tersebut. Masalahnya, pilihan makanan yang super enak bagi wanita, justru hidangan yang bermasalah seperti mengandung lemak tinggi, gula dan garam, serta melewati proses pengolahan. 

Semua kandungan tersebut meningkatkan hormon dopamine, yang kemudian dapat memicu kesenangan di pusat otak, sehingga menimbulkan rasa ketagihan. 

“Kami memahami, ada beberapa makanan yang dapat membajak sistem di dalam tubuh manusia, narasi yang terbesar dari kecanduan adalah, setiap orang tak punya kekuatan untuk menolaknya,” kata Ashley Gearhardt, spesialis kecanduan di University of Michigan.


viva

guegamersBerita & PolitikAshley Gearhardt,Food Addiction Scale
Ilustrasi makan di dalam mobil (traintosweatt.com) Ilustrasi makan di dalam mobil (traintosweatt.com) VIVAlife - Mata dan perut tak bisa dikompromi jika melihat makanan. Hal ini yang membuat seseorang tak berhenti makan sepanjang hari. Setelah selesai makan besar, mulut tak berhenti untuk mengunyah cemilan.  Kebiasaan sulit berhenti makan terungkap secara ilmiah. Penelitian yang ditulis...

Comments

comments