JakVR - Virtual Reality Guide

Joging bisa dilakukan di pagi hari saat puasa (ilustrasi). (iStockphoto)

Joging bisa dilakukan di pagi hari saat puasa (ilustrasi). (iStockphoto)

VIVAlife – Penting untuk menjaga tubuh tetap bugar selama berpuasa. Selain dengan mengonsumsi asupan bernutrisi saat sahur dan buka, olahraga juga tetap harus dilakukan.

Anggapan bahwa itu membuat tubuh lemas saat berpuasa, salah besar. Menurut spesialis kedokteran olahraga, dr. Michael Triangto, SpKO intensitas dan waktu olahraga saja yang perlu dibatasi.

“Olahraga perlu untuk menjaga tubuh bugar. Caranya juga hampir sama seperti biasa,” katanya.

Dihubungi VIVAlife, Kamis, 3 Juli 2014 Michael memberi dua opsi waktu berolahraga saat puasa.

Pagi hari

Anda bisa melakukan olahraga ringan pada pagi hari. Contohnya: jalan cepat, joging, atau bersepeda. Karena sedang berpuasa, intensitasnya tak perlu terlalu lama. Maksimal 30 menit. Olahraga saat pagi bisa membantu tubuh tidak mudah lelah dan mengantuk saat beraktivitas.

Sore hari

Sebelum buka puasa, luangkan sedikit waktu berolahraga. Tak seperti pagi hari saat tubuh masih butuh banyak energi, sore hari Anda bisa berolahraga yang sedikit lebih berat. Misalnya: fitnes atau angkat beban. Intensitasnya pun bisa lebih lama, sekitar 1 hingga 1,5 jam.

Atlet

Michael menambahkan, olahraga saat puasa juga bisa dibedakan berdasarkan tujuan. Apakah untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh, atau untuk prestasi seperti yang dilakukan atlet.

Khusus untuk atlet, ada aturannya. Kondisi tubuh harus menjadi pertimbangan. Parameternya bisa tekanan darah atau nadi. Salah satu gejala yang bisa dirasakan: pusing dan berkunang-kunang.

“Kalau tekanan darahnya rendah sekali bisa dehidrasi. Tidak pantas untuk olahraga. Denyut nadi  yang terlalu cepat dan urine terlalu pekat juga menjadi indikasi atlet dehidrasi,” ia menerangkan.

Michael menyarankan, atlet tidak berolahraga berdasarkan perasaan. Meski tubuh terasa baik-baik saja, tapi jika tekanan darah rendah dan denyut nadi cepat, sebaiknya dihentikan.

“Kalau merasa baik-baik saja tiba-tiba pingsan berbahaya,” ucapnya. (ms)


viva

guegamersBerita & PolitikMichael Triangto
Joging bisa dilakukan di pagi hari saat puasa (ilustrasi). (iStockphoto) Joging bisa dilakukan di pagi hari saat puasa (ilustrasi). (iStockphoto) VIVAlife - Penting untuk menjaga tubuh tetap bugar selama berpuasa. Selain dengan mengonsumsi asupan bernutrisi saat sahur dan buka, olahraga juga tetap harus dilakukan.Anggapan bahwa itu membuat tubuh lemas saat berpuasa,...

Comments

comments