JakVR - Virtual Reality Guide

Rahasiakan Nama Menteri, JK Main Kucing-kucingan

Mantan Wapres Jusuf Kalla (kiri) bersama Ibu Mufidah (kanan) menunjukan jari yang telah diberi tanda dengan tinta ketika mengikuti Pilkada DKI Jakarta di sekitar kediamannya, Jl Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu (11/7). ANTARA/Saptono

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Joko Widodo sedang pusing tujuh keliling mengurusi nama-nama kabinet. Orang yang dekat dengan lingkaran Jokowi menyebutkan Presiden Jokowi sampai harus menepuk keningnya setelah menerima daftar menteri yang memiliki label merah dari Komisi Pemberantasan Korupsi serta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan. (Baca: Calon Menteri Dilabel Merah, Jokowi Tepok Jidat)

Lain lagi dengan situasi yang dialami oleh Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla. Menurut iparnya, Muhammad Aksa Mahmud, JK selalu menenteng-nenteng lembaran kertas penuh coretan spidol hijau. "Beliau bahkan tidak mengizinkan istrinya melihat lembaran itu," kata pendiri Bosowa Group itu kepada Tempo, Rabu, 22 Oktober 2014. (Baca: Rilis Menteri Batal, Mega Gelar Rapat Rahasia)

Menurut Aksa, Wakil Presiden periode 2004-2009 itu pun beberapa kali terpaksa harus menghindari istrinya, Mufida Kalla, hanya untuk mengamankan daftar nama menteri yang ada di dalam lembaran itu. Meskipun, kata Aksa, Mufida sendiri tak menunjukkan antusiasme untuk mengetahui isi dalam lembaran tersebut. (Baca: 3 Alasan Jokowi Batal Umumkan Kabinet)

Pada Rabu, 22 Oktober 2014, Presiden Jokowi membatalkan rencana mengumumkan nama-nama menterinya. Semula, pengumuman nama menteri yang akan bekerja di pemerintahannya dalam lima tahun mendatang dibacakan di Dermaga 303 Terminal III Pintu 9, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu, pukul 19.00 WIB. (Baca: Ini Bocoran Struktur Kabinet Jokowi)

Orang yang dekat dengan keluarga JK, Rian Andi Soemarno, menjelaskan, andaikan pengumuman nama menteri tetap digelar di Pelabuhan Tanjung Priok, JK dipastikan tidak hadir. Sebab, pada malam itu tidak ada agenda JK berangkat ke kawasan pelabuhan tersebut. "Bapak enggak ada rencana ke Priok," kata Rian saat dihubungi Tempo. (Baca juga: KPK: Label Merah dan Kuning Dilarang Jadi Menteri)

Sehari sebelumnya, JK memastikan pengumuman nama menteri yang akan mengisi kabinet akan dilakukan di Istana Negara. Kalla membantah dirinya dan Presiden Joko Widodo akan mengambil lokasi lain saat menerima putusan Mahkamah Konstitusi. "Sesuai dengan tradisi, di Istana," kata Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Selasa, 21 Oktober 2014. (Baca: Jokowi Batal Umumkan Kabinet Malam Ini)

Berita Terpopuler
KPK: Banyak Calon Menteri Jokowi Bermasalah
PDIP: tanpa Restu Mega, Jangan Mimpi Jadi Menteri
Jokowi Batal Umumkan Kabinet Hari Ini


tempo

guegamersBerita & Politik
Mantan Wapres Jusuf Kalla (kiri) bersama Ibu Mufidah (kanan) menunjukan jari yang telah diberi tanda dengan tinta ketika mengikuti Pilkada DKI Jakarta di sekitar kediamannya, Jl Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu (11/7). ANTARA/Saptono TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo sedang pusing tujuh keliling mengurusi nama-nama kabinet. Orang yang dekat dengan lingkaran...

Comments

comments