JakVR - Virtual Reality Guide

Redam Demonstran, Thailand Blokir Facebook

Seorang wanita memplester mulutnya saat mengikuti aksi protes menentang darurat militer, di Bangkok, Thailand, Sabtu (24/5). REUTERS/Athit Perawongmetha

TEMPO.CO, Bangkok – Militer Thailand memblokir Facebook guna meredam protes kelompok anti-pemerintah. Kementerian Informasi dan Teknologi Thailand mengeluarkan pernyataan resmi ihwal pemblokiran, pada Rabu, 28 Mei 2014. Pemblokiran dimulai segera setelah peraturan tersebut disampaikan sampai batas waktu yang belum ditentukan.

“Kami telah resmi memblokir Facebook sementara,” ujar Sekretaris Kementerian Informasi dan Teknologi Thailand, Surachai Srisaracam, kepada Reuters, Kamis, 29 Mei 2014. Kabar soal pemblokiran ini berhembus sejak pekan lalu.

Srisaracam menyatakan pemblokiran ini merupakan permintaan agar pengunjuk rasa bersikap kooperatif terhadap pernyataan yang disampaikan lewat media sosial. Dia juga mengatakan pemerintah berencana memblokir sementara media sosial lainnya, seperti Twitter dan Instagram.

Ide pemblokiran Facebook menyusul pengambilalihan kekuasaan pemerintah Thailand oleh pemimpin militer tertinggi Thailand, Prayuth Chan. Militer memberlakukan sensor yang ketat terhadap televisi internasional dan jaringan televisi nasional yang dianggap mengganggu pemerintah, serta pemblokiran sejumlah situs.

Komisi Penyiaran Nasional dan Telekomunikasi Thailand juga akan memonitor dan memblokir konten di media online, terutama yang dianggap memicu konflik dan mengganggu keamanan nasional. Adanya peraturan itu sangat merugikan media massa di Negeri Gajah Putih tersebut, setelah sebelumnya militer membatasi siaran televisi dan radio. (Baca: Militer Thailand Tahan 22 Perancang Teror)

Selasa lalu, militer menyatakan rencananya mengeluarkan peraturan baru yang bertujuan untuk memperketat kontrol terhadap akses Internet. Pemblokiran yang dilakukan Thailand menambah daftar negara yang mengontrol ketat akses Internet dan media sosial. Negara lain yang memberlakukan hal serupa adalah Cina, Iran, dan Korea Utara.

REUTERS | SATWIKA MOVEMENTI

Berita Terpopuler:
Chairul Tanjung Emoh Ajak Pejabat Naik Pesawatnya 
Agung Laksono Gantikan Suryadharma Ali 
Kerapatan Layar LG G3 Mencapai 538 Piksel 
Deddy Mizwar Pilih Prabowo-Hatta


tempo

guegamersBerita & PolitikKementerian Informasi,Prayuth Chan,REUTERS,Surachai Srisaracam,Thailand
Seorang wanita memplester mulutnya saat mengikuti aksi protes menentang darurat militer, di Bangkok, Thailand, Sabtu (24/5). REUTERS/Athit Perawongmetha TEMPO.CO, Bangkok - Militer Thailand memblokir Facebook guna meredam protes kelompok anti-pemerintah. Kementerian Informasi dan Teknologi Thailand mengeluarkan pernyataan resmi ihwal pemblokiran, pada Rabu, 28 Mei 2014. Pemblokiran dimulai segera setelah peraturan...

Comments

comments