JakVR - Virtual Reality Guide

Selebriti dengan make up lengkap yang banyak terlihat di media cetak dan elektronik menjadi penyebab remaja terobsesi berpenampilan sempurna yang ditawarkan make up. (REUTERS/David Mdzinarishvili )

Selebriti dengan make up lengkap yang banyak terlihat di media cetak dan elektronik menjadi penyebab remaja terobsesi berpenampilan sempurna yang ditawarkan make up. (REUTERS/David Mdzinarishvili )

VIVAlife – Majalah dan televisi dengan foto-foto wajah selebriti bermake-up menjadi fenomena umum di era kini. Hal ini secara tidak disadari mempengaruhi pola pikir para wanita terutama remaja yang terobsesi untuk memiliki tampilan wajah yang cantik tanpa cacat.

Menurut sebuah studi yang baru-baru ini dilakukan, para remaja wanita telah menggunakan makeup sejak berusia 11 tahun. Banyak ahli yang menganggap hal tersebut terlampau dini dan tiga tahun lebih awal daripada dekade sebelumnya.

Studi yang dilakukan sebuah website tentang tips kecantikan, Escentual.com tersebut juga menunjukkan bahwa para remaja di bawah umur dikatakan banyak yang telah bereksperimen dengan peralatan rias.

Studi yang dilakukan dengan menggelar sebuah survei terhadap para remaja wanita ini juga menemukan hasil bahwa 89 persen wanita dewasa prihatin dengan kenyataan tersebut.

Menurut mereka, para remaja seharusnya menunggu hingga setidaknya berusia 14 tahun untuk menggunakan foundation. Tak hanya itu, menurut kebanyak wanita, usia 12 tahun seharusnya para remaja baru mulai mencoba menggunakan lip gloss dan usia 13 tahun bisa mencoba menggunakan riasan mata.

Dilansir Daily Mail, lebih dari 89 persen wanita dewasa berpendapat bahwa remaja wanita dibawah 13 tahun tidak seharusnya menggunakan makeup kecuali juga pergi ke acara-acara tertentu yang biasanya hanya terjadi setidaknya satu atau dua kali dalam setahun.

“Kecenderungan remaja yang menggunakan makeup terlalu cepat dibandingakn usianya ini dikhawatirkan mampu memicu timbulnya obsesi tidak sehat mengenai tampilan diri mereka” ucap seorang juru bicara Escentual.com.

Menurut survei tersebut, penyebab remaja wanita di bawah usia yang terlalu dini menggunakan make up adalah karena mereka melihat para selebriti sebagai panutan. Banyak pula yang merasa adanya tekanan di sekolah saat melihat para senior yang lebih dewasa. Selain itu, para remaja ini juga ingin terlihat dewasa dengan mengenakan make up. 


viva

guegamersBerita & PolitikDaily Mail,David Mdzinarishvili,remaja,REUTERS
Selebriti dengan make up lengkap yang banyak terlihat di media cetak dan elektronik menjadi penyebab remaja terobsesi berpenampilan sempurna yang ditawarkan make up. (REUTERS/David Mdzinarishvili ) Selebriti dengan make up lengkap yang banyak terlihat di media cetak dan elektronik menjadi penyebab remaja terobsesi berpenampilan sempurna yang ditawarkan make up. (REUTERS/David...

Comments

comments