JakVR - Virtual Reality Guide

Cordon Bleu biasanya menggunakan keju dan daging ham. (iStock)

Cordon Bleu biasanya menggunakan keju dan daging ham. (iStock)

RESEP: Menikmati Lezatnya Chicken Cordon Bleu
Oleh: Maya Sofia, Tasya Paramitha

VIVALife –  Chicken Cordon Bleu adalah salah satu hidangan bergaya Prancis yang terdiri dari daging ayam dengan isian keju dan daging ham. Hidangan ini sesungguhnya merupakan ciptaan seorang chef di Amerika Serikat.

Ia  terinspirasi dari hidangan populer Eropa bernama Chicken Kiev, daging ayam yang berisi mentega dan bumbu-bumbu kemudian diberi tepung roti serta digoreng cara deep-fried.

Ada pula makanan lain yang menjadi inspirasi Chicken Cordon Bleu, yakni hidangan asal Swiss bernama Veal Cordon Bleu. Hidangan ini dibuat dari daging sapi muda dengan isian ham dan keju.

Cordon Bleu berarti pita biru dalam bahasa Prancis. Nama ini mengacu pada pita biru yang dililitkan di leher para tentara Prancis pada abad pertengahan.

Nama Cordon Bleu sendiri kemudian dipakai oleh sekolah memasak Prancis. Dalam tradisi kuliner negara tersebut, Cordon Bleu merupakan sebutan bagi makanan atau chef berkualitas tinggi.

Jika Anda salah satu penggemar Chicken Cordon Bleu, tak ada salahnya memasaknya sendiri di rumah. Selain mudah, hidangan ini juga dapat menjadi pilihan variasi memasak ayam yang lezat. Berikut resepnya.

Bahan-bahan:

– 4 potong dada ayam fillet tanpa kulit
– 1/4 sendok teh garam
– 1/8 sendok teh lada hitam bubuk
– 4 potong keju mozzarella
– 4 lembar daging asap atau ham
– 1/2 cangkir tepung roti yang telah diberi sedikit garam dan lada

Cara memasak:

1. Panaskan oven hingga suhu 175 derajat celsius. Olesi loyang dengan sedikit minyak atau mentega. Anda juga dapat menggunakan nonstick cooking spray.

2. Iris daging ayam agar sedikit lebih lebar dengan ketebalan 1/4 inci. Taburi garam dan lada pada kedua bagian dada ayam.

3. Letakkan 1 potongan keju dan 1 potongan daging ham di atas masing-masing dada ayam. Gulung dan gunakan tusuk gigi agar ayam, keju dan ham tidak berantakan saat dipanggang.

4. Letakkan di dalam loyang dan taburi ayam dengan tepung roti hingga merata.

5.  Panggang selama 30 hingga 35 menit atau sampai ayam berwarna cokelat keemasan.

Sumber: Allrecipes


viva

guegamersBerita & PolitikCordon Bleu,Jika Anda,Maya Sofia,Sumber Allrecipes,Tasya Paramitha
Cordon Bleu biasanya menggunakan keju dan daging ham. (iStock) Cordon Bleu biasanya menggunakan keju dan daging ham. (iStock) RESEP: Menikmati Lezatnya Chicken Cordon BleuOleh: Maya Sofia, Tasya Paramitha VIVALife -  Chicken Cordon Bleu adalah salah satu hidangan bergaya Prancis yang terdiri dari daging ayam dengan isian keju dan daging ham. Hidangan ini...

Comments

comments