JakVR - Virtual Reality Guide

Sheermal, roti manis khas India. (paklinks)

Sheermal, roti manis khas India. (paklinks)

VIVAlife – Ini saat tepat menyiapkan menu berbuka puasa Anda. Jika ingin mengawali buka puasa dengan makanan manis namun cita rasanya tidak membosankan, coba sheermal, roti manis khas India.

Di kalangan muslim India, roti berbentuk pipih lebar itu sering dijadikan menu berbuka puasa. Sheermal bisa dimakan langsung atau dicampur dengan kari. Bahan-bahan dan cara pembuatannya mudah.

Mengutip laman Boldsky, berikut langkah-langkah membuat sheermal.

Porsi: empat orang
Waktu penyajian: sekitar satu jam
Waktu memasak: sekitar 30 menit

Bahan:

2 ½ gelas tepung
1 sendok makan gula pasir
½ gelas susu kental manis
2 ½ sendok teh ragi instan
3 sendok makan butter
3 sendok makan krim
1 butir telur
4 sendok makan susu bubuk
2 gelas air hangat
1 sendok teh air kewra (tidak mutlak)
2 sendok teh susu
1 sendok teh biji wijen
Garam secukupnya

Cara membuat:

1. Masukkan tepung, gula pasir, garam, susu kental manis, ragi instan, air kewra, butter, krim, telur, dan susu bubuk dalam satu mangkuk.

2. Tambahkan air hangat, lalu aduk rata hingga membentuk adonan. Setelah itu, tutupi dengan kain basah dan biarkan hingga satu jam.

3. Jika adonan sudah jadi, ambil sekepal, bentuk bulatan dan pipihkan dengan tongkat penggiling.

4. Olesi loyang dengan mentega, dan letakkan adonan yang sudah dipipihkan di atasnya. Lalu, tutup dengan lembaran plastik.

5. Jika semua adonan sudah tertampung dalam loyang, panggang dalam oven dengan temperatur 200 derajat celsius, selama 10 hingga 15 menit.

6. Setelah jadi, oleskan susu pada masing-masing lembaran agar mengilat. Di atasnya, taburi dengan butiran wijen agar terlihat lebih menggairahkan. Bisa juga ditambahkan bahan lain sesuai selera, seperti choco chips atau kismis. (ms)


viva

guegamersBerita & PolitikIndia,RESEP
Sheermal, roti manis khas India. (paklinks) Sheermal, roti manis khas India. (paklinks) VIVAlife - Ini saat tepat menyiapkan menu berbuka puasa Anda. Jika ingin mengawali buka puasa dengan makanan manis namun cita rasanya tidak membosankan, coba sheermal, roti manis khas India.Di kalangan muslim India, roti berbentuk pipih lebar itu sering dijadikan...

Comments

comments