JakVR - Virtual Reality Guide

Jennifer Lawrence di Academy Awards 2013. (REUTERS/Lucy Nicholson)

Jennifer Lawrence di Academy Awards 2013. (REUTERS/Lucy Nicholson)

VIVAlife – Masih ingat insiden aktris Jennifer Lawrence tersandung tangga di atas panggung Oscar tahun lalu? Ketika itu, Lawrence yang mengenakan gaun Dior Haute Couture tampak malu dan wajahnya merah merona. Momen tersandungnya sang aktris pun jadi pemberitaan hangat.

Di balik itu semua, rupanya ada pula pihak yang diuntungkan. Mereka adalah rumah mode Dior, yang gaunnya dikenakan Lawrence. Pasalnya, tak hanya Lawrence saja jadi sorotan, melainkan gaun yang dikenakannya juga.

Tahun ini, Academy Awards atau Oscar kembali dihelat pada 2 Maret 2014 mendatang. Seperti biasanya, momen saat para selebriti melangkah di karpet merah akan ditayangkan secara langsung.

Menurut editor majalah fesyen InStyle, Ariel Foxman, karpet  merah akan memberikan kesempatan besar dan cuma-cuma bagi desainer untuk menjangkau konsumen lebih luas.

“Ini pemasaran gratis,” ujarnya. “Iklan dengan dolar sangat mahal dan anggaran pemasaran terpecah dengan adanya media sosial, media digital, media cetak, dan media televisi, sehingga lebih berharga dari sebelumnya.”

CEO Luxury Group Institute, Milton Pedraza, mengungkapkan, salah satu cara untuk menaksir keuntungan dari memakaikan gaun pada selebriti di karpet merah adalah dengan membandingkan berapa banyak merek lain yang mengeluarkan uang untuk iklan komersial pada saat yang sama.

Laporan dari Kantar Media yang baru saja dirilis menyebutkan bahwa biaya rata-rata pemasangan iklan dengan durasi 30 detik selama tayangan Oscar tahun lalu sebesar US$1,65 juta atau setara dengan Rp19 miliar.

Sementara itu, dalam acara tersebut, Jennifer Lawrence disorot kamera setidaknya selama 75 detik, yakni saat pidato dan insiden tersandung di atas panggung. Artinya, jika Dior memasang iklan komersial dengan durasi tersebut maka mereka harus membayar setidaknya US$4 juta.

Tahun ini, Kantar Media memperkirakan biaya pemasangan iklan di acara utama Oscar selama 30 detik rata-rata US$1,8 juta atau setara dengan Rp21 miliar.

Bidik Artis Naik Daun

Pedraza mengatakan, tujuan utama para desainer adalah mendandani artis yang tengah naik daun di karpet merah Oscar. Tengok saja Carey Mulligan dengan gaun Prada di tahun 2010 atau Rooney Mara dengan gaun Givenchy di tahun 2012.

Tahun ini, semua mata tertuju pada nominasi aktris pendukung terbaik sekaligus bintang film 12 Years a Slave, Lupita Nyong’o. Sejauh ini, ia berhasil memikat kritikus fesyen dengan pilihan gaun berwarna cerahnya.

Untuk acara Oscar nanti, penata gaya Nyong’o, Micaela Erlanger, masih menutup rapat gaun yang akan dikenakan artis asal Kenya tersebut. Ia tidak memberikan petunjuk sedikit pun soal gaun itu.

“Harus ada unsur kejutan dan itulah yang membuat semua orang tertarik,” kata Erlanger.

Sumber: Reuters
(one)


viva

guegamersSelebritisAcademy Awards,Bidik Artis Naik Daun,Jennifer Lawrence,Kantar Media,US
Jennifer Lawrence di Academy Awards 2013. (REUTERS/Lucy Nicholson) Jennifer Lawrence di Academy Awards 2013. (REUTERS/Lucy Nicholson) VIVAlife - Masih ingat insiden aktris Jennifer Lawrence tersandung tangga di atas panggung Oscar tahun lalu? Ketika itu, Lawrence yang mengenakan gaun Dior Haute Couture tampak malu dan wajahnya merah merona. Momen tersandungnya sang aktris...

Comments

comments