JakVR - Virtual Reality Guide

SBY Akan Tinjau Korban Bencana Gunung Sinabung

Warga membersihkan atap rumah dari abu vulkanik erupsi gunung Sinabung di Desa Sigarang Garang, Karo, Sumut (12/1). Desa Sigarang Garang merupakan salah satu desa yang terparah dari puluhan desa yang terkena dampak abu vulkanik Sinabung. ANTARA/Rony Muharrman

TEMPO.CO, Jakarta — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam akun resminya di media sosial Twitter, @SBYudhoyono menyatakan akan meninjau langsung bencana alam Gunung Sinabung. Kunjungan akan dilakukan ke daerah Kabanjahe untuk memantau penanganan bencana dan pengungsi.

“Minggu depan, Insya Allah saya akan berkunjung kembali ke Kabanjahe, utk pastikan penanganan Sinabung & pengungsi berjalan baik. *SBY*,” kicau akun @SBYudhoyono, Senin, 13 Januari 2013.

SBY menyatakan, kunjungan kerja tersebut dilaksanakan meski dirinya mendapat laporan adanya penanganan bencana dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah. “Saya memutuskan untuk meningkatkan pengendalian dan bantuan pusat,” kata SBY.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB,  Sutopo Purwo Nugroho membenarkan adanya rencana kunjungan dan peninjauan SBY ke Kabanjahe. Akan tetapi, ia mengklaim belum mengetahui secara detil waktu pelaksanaan dan susunan agenda kunjungan tersebut.

“Sudah (koordinasi). Saya belum tahu pasti (agenda),” kata Sutopo melalui pesan singkat.

BNPB mencatat intensitas vulkanik Sinabung masih tinggi yang terindentifikasi tetap meningkatnya gempa vulkanik meski gempa hybrid telah terjadi. Status level IV atau Awas juga masih ditetapkan pada Sinabung sehingga masyarakat harus keluar dari radius 5 hingga 7 kilometer di sisi tenggara selatan.

BNPB mencatat beberapa rumah di Desa Kutarakyat dan Namanteran rusak karena hujan pasir dan abu vulkanik. Wilayah Namanteran terisolir karena akses jalan sulit dilalui karena debu vulkanik setebal 5 hingga 10 centimeter menjadi lumpur terkena hujan. Selain itu, ribuan hektar lahan pertanian dan perkebunan rusak di daerah Karo.

Jumlah pengungsi bencana Sinabung sendiri terus bertambah dengan jumlah lebih dari 25.516 jiwa atau 7.898 Kepala Keluarga pada Sabtu lalu. Pengungsi tersebar di 38 titik dengan kemampuan cadangan logistik yang mampu mencukupi kebutuhan hingga satu minggu.

FRANSISCO ROSARIANS

Baca juga:

Pantau Banjir, Jokowi Malah Diminta Jadi Presiden 
Benarkah Akil Bermain untuk Kemenangan Soekarwo?
Busyro: Anas Memang Tak Bawa Ember
Malam Ini, Mahfud MD Bongkar Manuver Akil


tempo

guegamersBerita & PolitikBNPB,CO,Gunung Sinabung,SBY,TEMPO
Warga membersihkan atap rumah dari abu vulkanik erupsi gunung Sinabung di Desa Sigarang Garang, Karo, Sumut (12/1). Desa Sigarang Garang merupakan salah satu desa yang terparah dari puluhan desa yang terkena dampak abu vulkanik Sinabung. ANTARA/Rony Muharrman TEMPO.CO, Jakarta -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam akun resminya di media sosial...

Comments

comments