JakVR - Virtual Reality Guide

Sejarawan Betawi, JJ Rizal. (VIVAnews/ Ahmad Rizaluddin)

Sejarawan Betawi, JJ Rizal. (VIVAnews/ Ahmad Rizaluddin)

VIVAlife – Program televisi swasta yang saat ini digemari, Yuk Keep Smile (YKS), lagi-lagi menjadi polemik di masyarakat. Pangkalnya adalah tayangan episode 20 Juni 2014. Acara YKS pada episode itu seakan melecehkan tokoh Betawi, Benyamin Sueb.

Tak pelak, sejarawan Betawi naik pitam. JJ Rizal, selaku Ketua Lembaga Kebudayaan Betawi, mengajak masyarakat untuk menghentikan penayangan acara tersebut.

“Saya tak bisa membayangkan kenapa mereka menganggap itu lucu? Sejumlah besar orang Betawi menyatakan kemarahan, protes atas penghinaan luar biasa tersebut,” kata JJ Rizal kepada VIVAlife, Rabu, 25 Juni 2014.

“Kami mengajak, atas penghinaan luar biasa ini agar acara YKS dibubarkan dan tidak ada lagi turunannya yang sejenis,” lanjut dia.

Pada Selasa, 24 Juni 2014,  JJ Rizal dan kawan-kawan menggelar aksi di depan gedung Trans TV. Lalu, berlanjut mengadukan pelecehan tersebut ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Di acara YKS episode 20 Juni 2014 yang lalu, hypnotherapist, Ferdian Setiawan Setiadi, menghipnotis Caesar Putra Aditya. Caesar dihipnotis agar tidak takut pada anjing dan melihat hewan itu lucu layaknya seniman legendaris Benyamin Sueb. Adegan itulah yang beberapa hari ini ramai diperbincangkan publik.

Sebelumnya program tayangan YKS melalui stasiun televisi meminta maaf atas penayangan yang berlangsung pada 20 Juni kemarin.

“Setelah mengkaji  tayangan YKS tersebut kami sangat menyesalkan adegan spontan yang dilakukan oleh Ferdian pada saat menghipnotis Caesar. Apalagi adegan tersebut dilakukan pada tayangan siaran langsung, sehingga tidak melalui proses editing,” ujar Kepala Departemen Marketing Public Relations Trans TV, A Hadiansyah Lubis, dalam pernyataannya kepada VIVAlife, Selasa, 24 Juni 2014.

Menurut Hadiansyah, sebagai bentuk klarifikasi atas kesalahan tersebut pada tayangan yang sama di segmen berikutnya Ferdian dan timYKS langsung memberikan pernyataan maaf atas kekhilafan yang dilakukan dan menjelaskan bahwa tidak ada maksud untuk melecehkan siapapun. (umi)


viva

guegamersSelebritisAhmad Rizaluddin,Benyamin Sueb,JJ,TV,YKS
Sejarawan Betawi, JJ Rizal. (VIVAnews/ Ahmad Rizaluddin) Sejarawan Betawi, JJ Rizal. (VIVAnews/ Ahmad Rizaluddin) VIVAlife - Program televisi swasta yang saat ini digemari, Yuk Keep Smile (YKS), lagi-lagi menjadi polemik di masyarakat. Pangkalnya adalah tayangan episode 20 Juni 2014. Acara YKS pada episode itu seakan melecehkan tokoh Betawi, Benyamin Sueb. Tak pelak,...

Comments

comments