JakVR - Virtual Reality Guide

Soekarwo Santuni Korban Longsor Jombang Rp 50 Juta

Puluhan anggota TNI-AD membantu proses pencarian korban tanah longsor yang belum ditemukan di Dusun Kopen, Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Jombang, Rabu (29/1). TEMPO/Fully Syafi

TEMPO.CO, Surabaya-Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengaku prihatin atas terjadinya bencana alam tanah longosr yang terjadi di Dusun Kopen, Desa Ngrimbi Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Begitu mendengar musibah itu dirinya langsung menuju ke lokasi bencana.

Dalam kesempatan itu Pakde Karwo, sapaan Soekarwo, memberikan santunan kepada korban longsor sebesar Rp 50 juta kepada 5 KK. “Pada prinsipnya kami mensupport apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Selanjutnya melalui Bupati Jombang akan diinventarisasi keperluan apa saja yang dibutuhkan oleh korban bencana,” kata Pakde Karwo Kamis 29 Januari 2014.

Pakde kemudian mengatakan ada 16 orang yang menjadi korban dari 5 KK yang terdapat tepat di bawah lereng. Tujuh orang ditemukan meninggal, 2 orang selamat, dan 7 korban lainnya masih belum ditemukan. “Tadi pagi telah mulai dilakukan pencarian dengan menggunakan alat-alat berat,” katanya.

Pakde Karwo menceritakan lokasi tersebut memang sangat rawan longsor. Kemiringan tanah mencapai 70 derajat dan kontur tanah mudah pecah karena pohon-pohon yang tumbuh di atasnya belum seberapa kuat untuk menahan laju air. “Baru direboisasi pada tahun 2001-2002 sehingga jatinya masih kecil-kecil,” kata dia.

Pakde Karwo mengusulkan, agar dibentuk gladi posko bencana dengan tujuan untuk melibatkan peran dari tiap-tiap daerah dalam mepersiapkan segala kemungkinan apabila terjadi bencana seperti ini. Mengenai relokasi warga, Pakde menyerahkan sepenuhnya pilihan itu kepada korban.

Selasa dini hari lalu lahan seluas 300 meter persegi di bukit setinggi 200 meter longsor menimpa lima rumah. Bencana tersebut menewaskan 7 korban dan 7 korban lainnya masih hilang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah dibantu Tim SAR, Polri, TNI, dan Warga terus melanjutkan upaya evakuasi korban.

EDWIN FAJERIAL


tempo

guegamersBerita & PolitikCO,Desa Ngrimbi,Dusun Kopen,Kecamatan Bareng,Pakde Karwo,TEMPO
Puluhan anggota TNI-AD membantu proses pencarian korban tanah longsor yang belum ditemukan di Dusun Kopen, Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Jombang, Rabu (29/1). TEMPO/Fully Syafi TEMPO.CO, Surabaya-Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengaku prihatin atas terjadinya bencana alam tanah longosr yang terjadi di Dusun Kopen, Desa Ngrimbi Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang. Begitu mendengar...

Comments

comments