JakVR - Virtual Reality Guide

Selain mengurangi stres, bercinta juga ternyata bisa menurunkan kadar lemak tubuh dan meningkatkan pertumbuhan sel otak. (iStock)

Selain mengurangi stres, bercinta juga ternyata bisa menurunkan kadar lemak tubuh dan meningkatkan pertumbuhan sel otak. (iStock)

VIVAlife – Sebuah studi yang dilakukan University of Maryland menyebutkan bahwa bercinta ternyata bisa meningkatkan fungsi kognisi, dalam artian menjadikan seseorang lebih cerdas. Penelitian yang dilakukan juga menemukan bahwa rutinitas bercinta bermanfaat dalam memperkuat memori.

Pada penelitian yang dilakukan menggunakan tikus tersebut, terlihat bahwa tikus yang sering melakukan hubungan seks, terbukti lebih cepat melewati labirin. Selain itu, hasil pindai otak tikus juga menunjukkan terdapat penambahan jumlah sel otak baru di hippocampus, atau bagian depan otak, yang bertanggung jawab terhadap memori. 

Studi lanjutan dari University of Maryland juga menyebutkan bahwa bercinta terbukti menurunkan tingkat stres. Namun sebaliknya, jika kegiatan seksual dihentikan, maka peningkatan kerja otak juga menurun. 

Dilansir Times of India, penelitian lain yang diterbitkan jurnal Science menemukan lalat buah jantan yang melakukan hubungan seksual dengan pasangannya mengalami penurunan penyimpanan lemak, lebih kuat menghadapi kelaparan dan kebal terhadap stres. Berbeda dengan lalat yang kurang mengalami pengalaman seksual, ditemukan bahwa hidupnya lebih singkat.

Profesor Department of Molecular and Integrative Physiology di Sekolah Medis U-M Scott D. Pletcher, menyatakan bahwa penemuan ini memberikan pemahaman lebih baik tentang bagaimana persepsi sensor dan keadaan psikologi terintegrasi dalam otak mampu mempengaruhi masa hidup lebih lama dan kualitas kesehatan.

“Dari penelitian ini dapat dilihat bahwa bukanlah sebuah mitos permasalahan seksual menyebabkan kesehatan seseorang menurun. Mengharapkan seks tanpa mendapatkan seks akan mempengaruhi kualitas kesehatan seseorang bahkan mengurangi masa hidup mereka,” ucapnya.

Dalam penelitian ini Ilmuwan U-M menggunakan manipulasi sensor untuk memberikan lalat buah jantan, Drosophila melanigaster, sebuah persepsi yang membuat mereka merasa dalam lingkungan yang kaya akan hasrat seksual. Ilmuwan juga mampu memanipulasi neuron tertentu yang bertanggung jawab dalam membaca feromon. (adi)

 

 


viva

guegamersBerita & PolitikIndia,Sekolah Medis
Selain mengurangi stres, bercinta juga ternyata bisa menurunkan kadar lemak tubuh dan meningkatkan pertumbuhan sel otak. (iStock) Selain mengurangi stres, bercinta juga ternyata bisa menurunkan kadar lemak tubuh dan meningkatkan pertumbuhan sel otak. (iStock) VIVAlife - Sebuah studi yang dilakukan University of Maryland menyebutkan bahwa bercinta ternyata bisa meningkatkan fungsi kognisi,...

Comments

comments