JakVR - Virtual Reality Guide

Ilustrasi bersepeda. (REUTERS/David W Cerny)

Ilustrasi bersepeda. (REUTERS/David W Cerny)

VIVAlife – Hobi bersepeda memang menyehatkan. Namun jika dilakukan terlalu lama, ternyata juga bisa berbahaya. Pria yang bersepeda sembilan jam seminggu, lebih berisiko terkena kanker prostat.

Penelitian University College London membuktikan itu. Lebih dari lima ribu pria pengendara sepeda diteliti. Dianalisis, apakah ada hubungan antara bersepeda terlalu lama dengan kesehatan.

Ditemukan, sepeda tidak menyebabkan infertilitas atau masalah seksual lain, seperti yang selama ini dimitoskan. Justru itu menyebabkan pria sekitar usia 50 tahun lima kali lebih berisiko kanker prostat.

Peneliti tak meragukan temuan itu. Sebab, sudah ada kasus nyata yang membuktikannya. Mantan pembalap sepeda kondang, Lance Armstrong pernah dirawat karena kanker prostat.

Untuk itu peneliti menyarankan, pria yang aktif bersepeda lebih sering memeriksakan kesehatan mereka. Di satu sisi, sepeda memang menurunkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan stroke.

Namun di sisi lain, itu juga bisa merugikan pria, terutama yang berusia lanjut. “Sebab studi ini menunjukkan adanya hubungan langsung antara risiko kanker prostat dan frekuensi bersepeda, bagi pria usia 50 tahun ke atas,” kata Dr Mark Hamer, penulis utama studi.

Penelitian yang hasilnya mengkhawatirkan itu, dilakukan menyusul meningkatnya tren bersepeda di masyarakat. Dari 1993 ke 2012, ada peningkatan jarak bersepeda sampai sekitar 600 kilometer.

Di Inggris, sebanyak 80 persen pesepeda adalah pria. (ita)

Sumber: Daily Mail


viva

guegamersBerita & PolitikDaily Mail,Dr Mark Hamer,Lance Armstrong,London,REUTERS
Ilustrasi bersepeda. (REUTERS/David W Cerny) Ilustrasi bersepeda. (REUTERS/David W Cerny) VIVAlife - Hobi bersepeda memang menyehatkan. Namun jika dilakukan terlalu lama, ternyata juga bisa berbahaya. Pria yang bersepeda sembilan jam seminggu, lebih berisiko terkena kanker prostat.Penelitian University College London membuktikan itu. Lebih dari lima ribu pria pengendara sepeda diteliti. Dianalisis, apakah...

Comments

comments