JakVR - Virtual Reality Guide

Mata, jendela kepribadian. (iStock)

Mata, jendela kepribadian. (iStock)

VIVAlife – Konon, mata tidak akan pernah berbohong. Istilah itu tampaknya tidak dibuat sembarangan. Sebab, mata tidak hanya mampu mengungkap isi hati seseorang. Indra penglihatan itu juga bisa menjadi jendela kepribadian.

Gerakan bola mata misalnya, mampu menunjukkan tingkat kesabaran seseorang. Kesimpulan itu terungkap melalui sebuah penelitian di John Hopkins University.

Peneliti menganalisis pergerakan bola mata 23 partisipan. Penelitian difokuskan pada pergerakan “saccade”, yakni gerak mata yang berlangsung cepat dan hanya terjadi jika seseorang dipaksa fokus pada beberapa objek dalam satu rangkaian.

Setiap partisipan dites untuk fokus pada titik-titik yang muncul secara bergantian di berbagai sisi sebuah layar. Lalu, peneliti merekam pergerakan mata mereka menggunakan sebuah kamera khusus.

Hasilnya, mengutip Fox News, sejumlah partisipan memiliki gerakan mata yang lebih cepat, meski pola pergerakan mata seluruh partisipan cenderung sama.

Tak puas sampai di situ, peneliti kembali melakukan percobaan. Kali ini partisipan diminta menengok ke kiri jika mendengar perintah “O” dan menoleh ke kanan saat mendengar “X”. Jika gerakan mereka benar, peneliti akan membunyikan alarm.

Dari kedua percobaan itulah peneliti menemukan, partisipan yang pergerakan matanya lebih cepat cenderung tidak sabaran. Sebaliknya, mereka yang memperlihatkan pergerakan mata lebih lambat, menunjukkan tipe penyabar yang tak keberatan diminta menunggu.

Tidak hanya itu, menurut para peneliti, gerakan mata juga bisa berpengaruh dalam keputusan yang dibuat seseorang.


viva

guegamersBerita & PolitikFox News,John Hopkins University
Mata, jendela kepribadian. (iStock) Mata, jendela kepribadian. (iStock) VIVAlife - Konon, mata tidak akan pernah berbohong. Istilah itu tampaknya tidak dibuat sembarangan. Sebab, mata tidak hanya mampu mengungkap isi hati seseorang. Indra penglihatan itu juga bisa menjadi jendela kepribadian. Gerakan bola mata misalnya, mampu menunjukkan tingkat kesabaran seseorang. Kesimpulan itu terungkap melalui...

Comments

comments