JakVR - Virtual Reality Guide

Penelitian menyebutkan bahwa pernikahan ternyata justru berkontribusi terhadap pertambahan berat badan pada wanita. (iStockphoto)

Penelitian menyebutkan bahwa pernikahan ternyata justru berkontribusi terhadap pertambahan berat badan pada wanita. (iStockphoto)

VIVAlife – Pernikahan adalah salah satu fase hidup yang sangat dinanti-nanti. Namun, ternyata pernikahan dapat berdampak buruk pada berat badan, terutama bagi wanita.

Menurut sebuah studi yang dilakukan di Australia, para wanita mengalami kenaikan berat badan sebanyak hampir 2,5 kilogram selama enam bulan pertama setelah menikah. Tak hanya itu, studi juga menunjukkan bahwa wanita yang melakukan diet ketat sebelum pernikahan cenderung mengalami kenaikan berat badan setelah menikah dalam kurun waktu enam bulan.

Dilansir Daily Mail, studi yang meneliti 350 wanita tersebut melihat perubahan berat badan sebelum dan pasca pernikahan.

Setelah enam bulan pasca pernikahan, ternyata kebanyakan dari mereka mengalami kenaikan berat badan bahkan ada yang lebih besar dari berat badan mereka sebelum menikah.

Para peneliti dari Flinders University di Adelaide mengatakan temuan mengenai perubahan berat badan yang berhubungan dengan pernikahan ini dapat menjadi faktor penting dalam perubahan imej tubuh para pasangan suami istri yang baru menikah.

Tak hanya itu studi juga menungkapkan bahwa satu dari tiga calon mempelai wanita disarankan untuk menurunkan berat badan oleh calon suami mereka sebelum hari pernikahan.

Dari 350 wanita yang diteliti, mereka yang berusaha menurunkan berat badan sebelum menikah rata-rata turun berat badannya sebanyak sembilan kilogram. Namun, ternyata di enam bulan pertama pernikahan, berat badan kembali meningkat sebanyak 3,2 kilogram.

Sedangkan calon mempelai wanita yang merasa stres dan tertekan menjelang pernikahan ternyata pasca menikah berat badannya justru meningkat sebanyak 4,5 kilogram.

“Temuan ini memperlihatkan pada kita bahwa fase sebelum dan sesudah pernikahan mampu menjadi pemicu perubahan berat badan wanita,” ucap salah seorang peneliti.

Studi tersebut dipublikasikan di jurnal Body Image.


viva

guegamersBerita & PolitikAustralia,Body Image,Daily Mail,Flinders University
Penelitian menyebutkan bahwa pernikahan ternyata justru berkontribusi terhadap pertambahan berat badan pada wanita. (iStockphoto) Penelitian menyebutkan bahwa pernikahan ternyata justru berkontribusi terhadap pertambahan berat badan pada wanita. (iStockphoto) VIVAlife - Pernikahan adalah salah satu fase hidup yang sangat dinanti-nanti. Namun, ternyata pernikahan dapat berdampak buruk pada berat badan, terutama bagi wanita. Menurut...

Comments

comments