JakVR - Virtual Reality Guide

Pria punya sisi emosional yang lebih kuat dibanding wanita. (iStock)

Pria punya sisi emosional yang lebih kuat dibanding wanita. (iStock)

VIVAlife – Anda pasti sudah akrab dengan istilah “Boys don’t cry” alias pria tidak boleh menangis. Pada dasarnya, pria memang dibesarkan agar menjadi sosok yang kuat dan bisa melindungi keluarga. Hal tersebut membuat pria pantang menunjukkan emosinya. 

Namun, sebuah penelitian yang dilakukan Mindlab, lembaga riset psikologi di Inggris, menyebutkan bahwa sebenarnya pria punya sisi emosional yang lebih kuat dibanding wanita. 

Hal ini dibuktikan dengan studi yang melibatkan 2.000 pria usia 18-24 tahun. Sebanyak 40 persen partisipan menyebutkan bahwa mereka pernah menangis. Sementara 64 persen partisipan menyebutkan mereka merasa sangat emosional saat menyaksikan kelahiran anak. 

Studi lain yang melibatkan 15 pria dan 15 wanita, dimana mereka dipresentasikan video yang menunjukkan beragam kategori perasaan, mulai bahagia, lucu, bersemangat, hingga menyentuh, memperlihatkan bahwa pria memberikan efek psikologis yang lebih kuat dibanding wanita. 

Dalam penelitian tersebut, sisi emosional partisipan diukur menggunakan elektroda yang ditempelkan pada kulit. 

Ketika dipresentasikan video yang menunjukkan kebahagiaan atau cerita lucu, pria memberikan efek psikologis yang cenderung sama dengan kaum wanita. Namun saat dipresentasikan video menyentuh, efek psikologis yang dirasakan pria dua kali lebih kuat dibanding wanita. 

“Pria sebenarnya punya sisi emosional yang lebih kuat dari wanita, hanya saja kita terlalu terpaku pada stereotip gender dan media ikut membesarkan stereotip tersebut,” kata pendiri Mindlab sekaligus ketua peneliti, Dr David Lewis.  

Meski demikian, Dr Lewis menambahkan, pria memang cenderung tidak mudah mengekspresikan emosi. “Pria tidak diajarkan untuk mengumbar emosi seperti layaknya perempuan, karena itu, pria lebih sering menahan dan menyimpan emosi mereka,” ucapnya. 

Untuk hal tersebut, Dr Lewis mengatakan, pria cenderung menyesuaikan diri dengan norma yang dibuat masyarakat.  

Sumber: Huffington Post


viva

guegamersBerita & Politikanak,Dr David Lewis,Dr Lewis,Huffington Post
Pria punya sisi emosional yang lebih kuat dibanding wanita. (iStock) Pria punya sisi emosional yang lebih kuat dibanding wanita. (iStock) VIVAlife - Anda pasti sudah akrab dengan istilah 'Boys don't cry' alias pria tidak boleh menangis. Pada dasarnya, pria memang dibesarkan agar menjadi sosok yang kuat dan bisa melindungi keluarga. Hal...

Comments

comments