JakVR - Virtual Reality Guide

Susu biji durian telah diuji oleh Dinas Kesehatan Bantul  

Susu biji durian telah diuji oleh Dinas Kesehatan Bantul  

VIVAlife– Limbah biji durian yang biasanya dibuang, di tangan lima mahasiswa  di Yogyakarta diolah dijadikan minuman berprotein tinggi.

Ya, limbah biji durian ini disulap menjadi susu. Minuman ini, bisa menjadi solusi minuman sehat pengganti susu sapi.

Ini merupakan hasil kreativitas mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Proses pembuatannya sangat sederhana. Biji durian yang sudah dibersihkan, dikupas kulitnya.

Setelah itu, semua biji yang sudah bersih, direbus hingga masak. Lalu, dihaluskan dengan cara diblender. Selanjutnya, adonan biji durian direbus kembali ditambah gula secukupnya.

Untuk menambah aroma, tambahkan daun pandan. Terakhir, adonan biji durian yang telah dimasak, diblender kembali dan dituangkan ke dalam botol kemasan.

“Ide awal pembuatan susu ini karena adanya susu kedelai. Susu ini kemudian diberi nama Esdebe,” kata Syawal Hasibuan, salah satu mahasiswa yang ikut membuat susu biji durian.

Proses pembuatan susu ini, katanya, juga telah melalui beberapa kali uji coba. Biaya produksinya diakui Syawal sangat murah sehingga bisa menjadi solusi pengganti susu sapi.

Selain diproduksi dalam bentuk susu bijian durian, sebagai pilihan, ada juga varian rasanya, seperti cokelat, rasa durian juga rasa pisang.

Diakui pula oleh Prof DR Akhyar Adnan, selalu dosen pembimbing kelima mahasiswa kreatif tersebut, susu ini, katanya sudah pernah diuji oleh Dinas Kesehatan Bantul. Ternyata, susu biji durian memang mengandung protein cukup tinggi.

“Untuk sementara susu ini hanya dijual di koperasi Mahasiswa UMY dan kantin kampus setempat,” ujar Akhyar.

Harga sebotol susu biji durian  hasil karya mahasiswa ini dijual dengan harga Rp3500-5000 per botolnya.

Laporan: Santosa Suparman/ Tvone/ Bantul, Yogyakarta.


viva

guegamersBerita & PolitikAkhyar Adnan,Dinas Kesehatan Bantul,Laporan Santosa Suparman Tvone Bantul,UMY,Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Susu biji durian telah diuji oleh Dinas Kesehatan Bantul   Susu biji durian telah diuji oleh Dinas Kesehatan Bantul   VIVAlife- Limbah biji durian yang biasanya dibuang, di tangan lima mahasiswa  di Yogyakarta diolah dijadikan minuman berprotein tinggi.Ya, limbah biji durian ini disulap menjadi susu. Minuman ini, bisa menjadi solusi minuman...

Comments

comments