JakVR - Virtual Reality Guide

Foto selfie para aktor di Academy Awards, menjadi inspirasi selfie tanpa riasan. (twitter.com/TheEllenShow)

Foto selfie para aktor di Academy Awards, menjadi inspirasi selfie tanpa riasan. (twitter.com/TheEllenShow)

VIVAlife – Tren selfie membuat orang berlomba-lomba menampilkan wajah terbaik untuk diunggah ke media sosial. Penampilan dipoles semenarik mungkin. Kamera yang digunakan pun tak sembarangan. Harus beresolusi dan berteknologi tinggi.

Namun, tren selfie yang satu ini berbeda. Orang-orang harus bersedia tampil tanpa riasan wajah di depan kamera, lalu mempublikasikannya. Meski awalnya hanya sekadar mengikuti selfie di Academy Awards, jejaknya banyak diikuti karena inspiratif.

Melihat fenomena yang makin berkembang, Cancer Research UK (CRUK) pun mengajak khalayak lebih luas untuk berfoto selfie tanpa riasan wajah sekaligus beramal. Keuntungan yang didapat dalam ajang itu akan disumbangkan untuk penderita kanker.

Tanpa diduga, aksi itu mengundang ratusan ribu donasi. Menurut BBC, angka yang dikumpulkan kini mencapai £2 juta atau setara dengan Rp37,5 miliar. Dana itu diberikan pada mereka yang ditinggalkan keluarga atau kerabat akibat kanker.

Foto-foto yang masuk, dikumpulkan dan dipadukan menjadi sebuah poster. Itu menjadi simbol solidaritas untuk penderita kanker. The Institute of Fundraising pun menanggapinya dengan positif. Menurutnya, itu berhasil menggabungkan tren dan aksi sosial.

“Ada kelebihan lain. Ini tentang perasaan wanita yang menilai diri sendiri, bagaimana mereka memikirkan pribadi dan penampilan di depan publik,” kata Linda Gibson dari Nottingham Trent University.

Ia berpendapat, citra perempuan di dalam media kini seringkali dibalut kepalsuan. Pencitraan tubuh seringkali memancing obsesi dan masalah. Berlawanan dengan itu, aksi selfie tanpa riasan melakukan terobosan. (ren)


viva

guegamersBerita & PolitikAcademy Awards,Linda Gibson,Nottingham Trent University,selfie,UK
Foto selfie para aktor di Academy Awards, menjadi inspirasi selfie tanpa riasan. (twitter.com/TheEllenShow) Foto selfie para aktor di Academy Awards, menjadi inspirasi selfie tanpa riasan. (twitter.com/TheEllenShow) VIVAlife - Tren selfie membuat orang berlomba-lomba menampilkan wajah terbaik untuk diunggah ke media sosial. Penampilan dipoles semenarik mungkin. Kamera yang digunakan pun tak sembarangan....

Comments

comments