NEVERBLOCK - VPN CEPAT

Hallerbos atau Hutan Biru di Belgia. (Flickr/Vincent Brassinne)

Hallerbos atau Hutan Biru di Belgia. (Flickr/Vincent Brassinne)

VIVAlife – Lazimnya, hutan berwarna hijau. Dari kejauhan sekalipun, rimbun daun pepohonan tetap memancarkan warna yang sama. Namun, hutan di Belgia punya fenomena alam yang unik.

Hutan di Hallerbos, Halle, Belgia justru berwarna biru nan cantik. Itu sebabnya hutan disebut Blue Forest alias Hutan Biru. Warna itu muncul setiap bulan April hingga Mei, saat musim semi tiba.

Hallerbos berada di antara Flanders dan Wallonia. Letaknya tak jauh dari ibu kota Belgia, Brussels. Hanya 30 menit berkendara dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Ada bus yang melewatinya.

Warna biru yang muncul di Hallerbos merupakan sajian alami alam. Namun, itu bukan berasal dari pohon berspesies tertentu. Bukan pula pengaruh zat kimia berbahaya. Di hutan itu, bunga-bunga bluebell mekar sempurna.

Bunga mungil itu pendek saja, hanya sekitar 10-30 sentimeter. Ia tumbuh di setiap jengkal tanah Hallerbos, bercokol di setiap kaki pepohonan.

Bunga bernama latin Hyacinthoides Nonscripta itu hanya terdapat di beberapa negara Eropa, seperti Inggris, Belanda, dan Belgia. Namun, jumlah terbanyak ada di Hallerbos.

Saat mekar, seketika warna biru menghiasi lanskap hutan. Suasana magis menyergap. Sekilas, bluebell yang bermekaran bagaikan permadani biru yang menghampar luas. Berkas sinar matahari yang menerobos di antara dedaunan, menambah keindahan makin dramatis.

Pengunjung seperti dibawa ke hutan di negeri dongeng yang menjadi tempat tinggal para peri. Bunga-bunga cantik lain pung menghiasi. Ada yang berbentuk semanggi berwarna putih, juga berwujud seperti bintang.

Tak hanya bunga, Hallerbos juga punya kekayaan lainnya. Pada musim semi, hutan itu penuh nyanyian burung; warblers blackcap, wrens, dan yang paling keras, nuthatches.

Jika berkunjung di saat yang tepat, akan ada pula tupai merah di antara pohon-pohon pinus; elang dalam pembukaan lahan; dan berudu di kolam. Semua itu membuat Hallerbos makin eksotis.

Belum puas dengan itu? Di Vlasmarktdreef, tepi Barat Laut hutan, ada Museum Hallerbos yang bisa dikunjungi. (adi)

Sumber: Amusing Planet


viva

guegamersBerita & PolitikBarat Laut,Di Vlasmarktdreef,Flickr Vincent Brassinne,Hutan Biru,Museum Hallerbos
Hallerbos atau Hutan Biru di Belgia. (Flickr/Vincent Brassinne) Hallerbos atau Hutan Biru di Belgia. (Flickr/Vincent Brassinne) VIVAlife - Lazimnya, hutan berwarna hijau. Dari kejauhan sekalipun, rimbun daun pepohonan tetap memancarkan warna yang sama. Namun, hutan di Belgia punya fenomena alam yang unik.Hutan di Hallerbos, Halle, Belgia justru berwarna biru nan cantik....

Comments

comments