JakVR - Virtual Reality Guide

Ingatan masa kecil menurun dengan cepat saat anak-anak memasuki usia lebih dari tujuh tahun. (iStock)

Ingatan masa kecil menurun dengan cepat saat anak-anak memasuki usia lebih dari tujuh tahun. (iStock)

VIVAlife – Sudah menjadi hal lumrah bahwa orang dewasa sulit mengingat peristiwa yang terjadi di awal tahun pertama kehidupan mereka. Kini, ilmuwan berhasil menemukan kapan tepatnya ingatan masa kecil ini memudar dan hilang selamanya.

Dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal ilmiah Memory, fenomena amnesia masa kanak-kanak cenderung terjadi di sekitar usia 7 tahun. Para ilmuwan menemukan bahwa sebagian besar anak usia 3 tahun mampu mengingat banyak hal yang terjadi kepada mereka selama lebih dari satu tahun terakhir. Memori ini dapat bertahan sementara saat usia mereka memasuki 5 dan 6 tahun. 

Namun, ingatan ini menurun dengan cepat saat anak-anak memasuki usia lebih dari 7 tahun. Kebanyakan anak-anak usia 8 atau 9 hanya mampu mengingat 35 persen pengalaman mereka saat masih di bawah usia 3 tahun.

Para psikolog yang terlibat dalam penelitian mengatakan, hal tersebut terjadi karena pada usia ini cara seseorang membentuk memori mulai berubah.

Dalam penelitian tersebut, Profesor Patricia Bauer dari Emory college of Arts and Science dan rekan-rekannya mempelajari 83 anak-anak selama beberapa tahun. Di usia 3 tahun, anak-anak tersebut mendatangi laboratorium dan menceritakan enam pengalaman unik di masa lalu. Misalnya kemping, liburan ke kebun binatang, hari pertama di sekolah, dan ulang tahun. 

Setelah itu, anak-anak ini kembali ke laboratorium saat berusia 5-9 tahun untuk membahas pengalaman yang sama dan diminta mengingat kembali detail yang sebelumnya mereka ingat.

Hasilnya, jumlah anak-anak usia 5-7 tahun yang mampu mengingat pengalaman mereka saat masih kecil mencapai 63-72 persen. Namun, jumlah ini menurun begitu anak-anak memasuki usia 8 dan 9 tahun dengan persentase 35 persen dan 36 persen. (one)

Sumber: Telegraph


viva

guegamersBerita & PolitikProfesor Patricia Bauer,Sumber Telegraph
Ingatan masa kecil menurun dengan cepat saat anak-anak memasuki usia lebih dari tujuh tahun. (iStock) Ingatan masa kecil menurun dengan cepat saat anak-anak memasuki usia lebih dari tujuh tahun. (iStock) VIVAlife - Sudah menjadi hal lumrah bahwa orang dewasa sulit mengingat peristiwa yang terjadi di awal tahun pertama kehidupan mereka. Kini,...

Comments

comments