JakVR - Virtual Reality Guide

Tiang Pancang Ditanam di Tol Cipularang KM 72

Tanda penunjuk jarak di dekat bagian jalan yang amblas di Tol Cipularang kilo meter 72, Purwakarta, Jawa Barat (24/1). TEMPO/Aditya Herlambang Putra

TEMPO.CO, Jakarta – Corporate Secertary PT Jasa Marga (Persero) Tbk David Wirjanto membenarkan bahwa terjadi ambles di Jalan Tol Cipularang km 72. Sekarang, pihaknya sedang mengupayakan perbaikan sementara sebelum dilakukan pemasangan tiang beton Minggu, 26 Januari 2014.

“Sekarang kita sudah menyuntikkan bahan kimia ke dalam tanah untuk memperkuat struktur, selain itu kita juga memasang bronjong batu kali dan stroto dolken di lereng badan jalan supaya tidak ada pergerakan tanah,” ujar David ketika dihubungi, Sabtu, 25 Januari 2014.

Hal tersebut, menurut David merupakan solusi sementara, untuk solusi permanen, pihaknya sedang mengupayakan pemasangan tiang pancang beton di tepi lereng sepanjang 80 m. “Ini besok akan kami lakukan untuk menstabilkan tanah disekitar lereng,” ujar David.

Asisten Vice President Corporate Communication, PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Wasta Gunardi membenarkan kemarin terjadi ambles di km 72 jalur 1 Jalan Tol Cipularang. Ambles sedalam 10 sampai 30 cm ini terjadi sepanjang 60 meter. “Untuk perbaikan kemarin pukul 11.30 siang, kami lakukan sistem contra flow, pukul 12 malam kemacetan mulai mencair, saat ini relatif lancar,” ujar Wasta ketika dihubungi, Sabtu, 25 Januari 2014.

Saat ini, David mengatakan lalu lintas di sekitar lokasi kejadian, hanya bisa dilalui kendaraan kecil dengan menggunakan sistem contraflow. Untuk kendaraan besar yang menuju ke Bandung dialihkan ke Cikampek, Sadang kemudian bisa masuk ke Cipularang.

David menjelaskan, lalu lintas diharapkan akan kembali normal setelah selesainya pemasangan tiang beton. Besok baru dipersiapkan terkait alat pemasang betonnya. “Kami targetkan kamis lalu lintas akan bisa kembali normal,” ujar David.

GALVAN YUDISTIRA

Berita Lain:
Gempa Kebumen, Pantai Selatan Jadi Zona Aktif
Forum Davos, Negara Berkembang Fokus Tangani KURS
Ruhut: SBY Lagi terapi Kejut Demokrat


tempo

guegamersBerita & PolitikBerita Lain,GALVAN,KM,TEMPO,Tol Cipularang
Tanda penunjuk jarak di dekat bagian jalan yang amblas di Tol Cipularang kilo meter 72, Purwakarta, Jawa Barat (24/1). TEMPO/Aditya Herlambang Putra TEMPO.CO, Jakarta - Corporate Secertary PT Jasa Marga (Persero) Tbk David Wirjanto membenarkan bahwa terjadi ambles di Jalan Tol Cipularang km 72. Sekarang, pihaknya sedang mengupayakan perbaikan sementara...

Comments

comments