JakVR - Virtual Reality Guide

Ilustrasi gelombang otak . (uniteunderfreedom.com)

Ilustrasi gelombang otak . (uniteunderfreedom.com)

VIVAlife – Lupa menaruh kunci, lupa pin ATM, lupa agenda rapat, dan banyak hal lain terlupa dalam aktivitas sehari-hari. Ini pasti menjengkelkan, terutama jika Anda merasa bahwa secara usia belum terlalu tua.

Menjadi pikun tak harus menunggu tua. Di usia muda pun pikun bisa menyerang. Penyebabnya macam-macam. Mungkin stres, kurangnya asupan gizi otak, atau juga kurangnya latihan otak. Dilansir Woman’s Day, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya ingat otak.

Tidur lebih lama

Begadang bisa jadi pemicu pikun. Luangkan waktu untuk tidur sejam lebih lama dari biasanya. Cara ini terbukti mampu merawat daya ingat, bahkan menjadikannya lebih tajam bertahun-tahun ke depan.

Mengonsumsi buah berry

Berbagai jenis keluarga berry terbukti ampuh tingkatkan daya ingat. Studi menyebut, konsumsi setengah cangkir atau lebih buah berry dalam seminggu, dapat menunda terjadinya Alzheimer hingga 2,5 tahun.

Minum kopi 

Beberapa ahli setuju bahwa kopi berkafein memiliki zat pelindung otak. Meminumnya 2-3 cangkir sehari dipercaya memperkuat daya ingat.

Nikmati cokelat hangat

Antioksidan yang terkandung dalam cokelat bubuk dipercaya meningkatkan kemampuan berpikir. Anda bisa memadukan coklat bubuk dengan bahan-bahan lain seperti susu atau kopi. Anda juga dapat mencoba dark chocolate batangan. Tapi pastikan kandungan coklat di dalamnya mencapai 70% atau lebih.

Omega-3

Lemak ini membantu mengendalikan peradangan yang kerap disebabkan oleh kenaikan insulin karena terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat olahan. Peradangan tersebut menyebabkan penurunan fungsi kognitif otak.

Untuk mencegahnya, Anda bisa mengkonsumsi 2-3 porsi omega-3 dalam seminggu. Asupan itu bisa didapatkan dari lemak ikan salmon atau suplemen minyak ikan.

Olahraga

Sebuah studi menemukan bahwa orang dewasa yang membakar lebih dari 300 kalori sehari berpotensi terhindar dari penurunan mental hingga 90%. Ini jika dibandingkan dengan orang-orang yang kurang gerak. Tidak hanya melakukan olah raga ke gym, Anda bisa membakar kalori lewat aktivitas sehari-hari seperti berkebun, naik turun tangga, dan lain sebagainya.


viva

guegamersBerita & PolitikATM,Olahraga Sebuah,Woman Day
Ilustrasi gelombang otak . (uniteunderfreedom.com) Ilustrasi gelombang otak . (uniteunderfreedom.com) VIVAlife - Lupa menaruh kunci, lupa pin ATM, lupa agenda rapat, dan banyak hal lain terlupa dalam aktivitas sehari-hari. Ini pasti menjengkelkan, terutama jika Anda merasa bahwa secara usia belum terlalu tua. Menjadi pikun tak harus menunggu tua. Di usia muda pun...

Comments

comments