JakVR - Virtual Reality Guide

Tips ajarkan anak berpuasa (gulfnews.com)

Tips ajarkan anak berpuasa (gulfnews.com)

VIVAlife – Banyak anak berpuasa pada bulan Ramadan. Meskipun mereka tidak diwajibkan untuk menjalankan ibadah wajib itu, banyak orangtua yang mendorong anak-anak untuk berpuasa pada usia lebih muda.

Hal ini tentu saja merupakan hal positif yang akan membuat mereka terbiasa dengan ibadah puasa. Karena puasa membutuhkan kedisplinan, penting bagi orangtua yang mengajarkan anak-anak mereka cara yang tepat.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengajarkan si kecil berpuasa. Berikut tipsnya sebagaimana dilansir gulfnews.com :

1. Puasa tidak selalu mudah pada anak-anak kecil mengingat fakta bahwa mereka lebih aktif sehingga memerlukan lebih banyak energi dan cairan. Orangtua harus menilai kemampuan anak untuk berpuasa berdasarkan kesehatan, tingkat aktivitas, toleransi terhadap rasa lapar dan frekuensi makan.

2.
Jika anak-anak berpuasa, biarkan mereka menjadi bagian dari keputusan ini. Mulai membuat mereka terbiasa kurang makan siang hari dan meminimalkan jumlah makanan secara bertahap sebelum bulan dimulai.

3. Anak-anak di bawah usia 10 tahun sebaiknya diajarkan untuk mulai berpuasa sampai tengah hari. Setelah mereka telah terbiasa, Anda dapat meningkatkan waktu berpuasa secara bertahap.

4. Orangtua disarankan untuk memantau asupan makanan dan minuman buah hati di saat sahur maupun berbuka puasa. Pastikan makanan yang dikonsumsi memenuhi kebutuhan kalori dan cairan mereka setiap harinya.

5. Anak-anak harus didorong untuk menghindari aktivitas dengan intensitas tinggi seperti bermain bola atau lari dan minum banyak cairan selama jam non-puasa untuk tetap terhidrasi dengan baik.

6. Sahur merupakan bagian penting dari puasa. Hal ini berlaku pula untuk anak-anak. Mereka harus mengkonsumsi makanan kaya serat seperti sereal gandum, biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran dan sumber protein yang baik seperti daging tanpa lemak, kacang mentega, telur dan produk susu untuk tetap kenyang lebih lama.

Selain itu perhatikan agar buah hati Anda menghindari makanan tinggi gula karena akan meningkatkan nafsu makan mereka dan tidak memberikan nutrisi bagi tubuh. Makanan asin juga harus dibatasi untuk menghindari rasa haus.

7. Kesalahan yang sering dilakukan orangtua adalah menyuruh anak-anak untuk makan berlebihan di saat sahur atau buka puasa. Terlalu banyak makan hanya akan menyebabkan gangguan pencernaan, kembung, dan ketidaknyamanan saat mereka berpuasa. Minuman berkarbonasi, makanan pedas serta goreng-gorengan juga harus dihindari.  (ita)


viva

guegamersSelebritisanak
Tips ajarkan anak berpuasa (gulfnews.com) Tips ajarkan anak berpuasa (gulfnews.com) VIVAlife - Banyak anak berpuasa pada bulan Ramadan. Meskipun mereka tidak diwajibkan untuk menjalankan ibadah wajib itu, banyak orangtua yang mendorong anak-anak untuk berpuasa pada usia lebih muda.Hal ini tentu saja merupakan hal positif yang akan membuat mereka terbiasa dengan ibadah...

Comments

comments