JakVR - Virtual Reality Guide

Komunikasi lancar dalam keluarga sangat penting dalam membangun kedekatan antar sesama anggota keluarga. (istock)

Komunikasi lancar dalam keluarga sangat penting dalam membangun kedekatan antar sesama anggota keluarga. (istock)

VIVAlife – Komunikasi adalah elemen penting dalam kehidupan keluarga. Ketika salah seorang anggota keluarga berada jauh, barulah dirasakan bahwa keberadaannya sangat dinantikan. Faktanya, banyak keluarga yang tidak melakukan komunikasi berkualitas secara rutin. 

Sebanyak 4 juta pekerja Indonesia terpisah dari keluarganya untuk bekerja di negeri orang. Sebagian besar dari jumlah tersebut adalah perempuan dan tidak sedikit yang merupakan kaum Ibu.

“Bagi para ibu yang tinggal jauh dari keluarga ada baiknya mengatur jadwal bertemu secara fisik dengan anggota keluarga untuk memenuhi kebutuhan akan pelukan dan sentuhan yang tidak dapat tergantikan,” ucap Anna Surti Ariani S.Psi., M.Si., Psikolog Anak dan keluarga pada acara diskusi bertajuk “Kualitas vs Kuantitas: Tantangan Komunikasi Keluarga Indonesia” di Beranda Restaurant, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 5 Februari 2014.

Psikolog yang biasa disapa Nina ini juga mengatakan bahwa pentingnya memberi pengertian kepada anak mengenai hal tersebut.

“Untuk meminimalisir kerenggangan emosional, anak wajib diberikan pengertian bahwa jarak yang memisahkan anak dan ibu adalah demi kebaikan masa depan keluarga,” jelasnya.

Ia pun menegaskan bahwa keluarga yang terpisah jarak jauh membutuhkan usaha lebih agar ketidakhadiran orangtua dalam mengasuh anak tidak memberikan pengaruh negatif secara signifikan terhadap perkembangan anak. 

Beraktivitas jauh dari keluarga tidak dapat dihindari oleh sebagian ibu demi meningkatkan kesejahteraan dan kehidupan keluarga yang lebih baik secara finansial maupun pendidikan.

Pada sisi lain, banyak keluarga yang tinggal serumah kerap menyia-nyiakan kesempatan bertemu dengan anggota keluarganya begitu saja, sehingga momen-momen berharga bersama, seperti saling mencurahkan perasaan ataupun berperan serta secara langsung seiring dengan tumbuh kembang anak terlewatkan tanpa makna.

“Kegiatan berkumpul secara rutin adalah hal yang wajib dipertahankan. Namun, tidak adanya kualitas kebersamaan di keluarga bisa menjadi awal dari kurang mengenalnya antar anggota keluarga dan juga tanda-tanda hadirnya budaya bisu,” ujarnya.

Budaya ini menurut Nina akan mengakibatkan suasana dingin yang terkadang dianggap normal meskipun sebenarnya masalah terpendam. (eh)


viva

guegamersBerita & PolitikBeranda Restaurant,Indonesia,Jakarta Selatan,Kebayoran Baru,Psikolog Anak
Komunikasi lancar dalam keluarga sangat penting dalam membangun kedekatan antar sesama anggota keluarga. (istock) Komunikasi lancar dalam keluarga sangat penting dalam membangun kedekatan antar sesama anggota keluarga. (istock) VIVAlife - Komunikasi adalah elemen penting dalam kehidupan keluarga. Ketika salah seorang anggota keluarga berada jauh, barulah dirasakan bahwa keberadaannya sangat dinantikan. Faktanya, banyak keluarga...

Comments

comments