JakVR - Virtual Reality Guide

Jiufen, salah satu destinasi wisata di Taiwan yang menjadi favorit turis Indonesia. (taiwan.net.tw)

Jiufen, salah satu destinasi wisata di Taiwan yang menjadi favorit turis Indonesia. (taiwan.net.tw)

VIVAlife – Mendengar kata Taiwan, yang terlintas di pikiran Anda pastilah artis-artis pemain serial drama yang tampan. Tak heran karena drama Taiwan sebenarnya telah lebih dulu populer di Indonesia jauih sebelum drama Korea yang saat ini sedang booming. Sebut saja boyband F4 yang terkenal dengan serial dramanya berjudul Meteor Garden.

Selain selebritas dan dramanya, orang Indonesia juga akrab dengan bubble tea, minuman asal Taiwan yang telah masuk Indonesia lebih dari sepuluh tahun yang lalu. Sejak itu, minuman tersebut kian populer dan saat ini beragam merek bubble tea yang ada di Indonesia.

Namun sebenarnya Taiwan bukan sekadar Jerry Yan, salah satu personel F4 dan bubble tea saja. Negara ini memiliki begitu banyak hal dan destinasi menarik untuk dikunjungi.

“Seperti banyak negara-negara Asia, Taiwan memiliki budaya yang unik dan banyak wisata alam yang indah. Sehingga banyak aktivitas yang dapat dilakukan para wisatawan yang datang kesana,” ucap Kepala Taipei Economic and Trade Office (TETO), Zhang Liang Jen saat ditemui di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta.

Dalam acara tersebut, Zhang juga mengungkapkan Dinas Pariwisata Taiwan sedang gencar menawarkan informasi terbaru mengenai promosi wisata dan destinasi-destinasi menarik di sana. Wisatawan Indonesia pun diakui termasuk target mereka.

Hal ini karena kunjungan wisatawan Indonesia pada tahun 2013 lalu tercatat sebesar 171.299 orang. Jumlah ini meningkat 4,71 persen dibandingkan tahun 2012 yang tercatat 163.598 orang.

“Di Asia Tenggara, jumlah wisatawan dari Indonesia yang berkunjung ke Taiwan dalam beberapa tahun belakangan menempati peringkat ketiga terbesar,” ujar Zhang.

Saat ditanya mengenai daya tarik Taiwan yang paling besar, Zhang mengatakan bahwa negaranya memiliki banyak tempat wisata alam yang indah bagi mereka yang gemar melakukan aktivitas seperti hiking dan aktivitas alam lainnya. Belum lagi tempat-tempat bersejarah seperti Longshan Temple, Desa Jiufen, Rumah Pohon Anping dan sebagainya.

Tak hanya itu, Taiwan juga menawarkan kuliner yang beragam mulai dari es serut, bubble tea, cakwe, dimsum, stinky tofu dan masih banyak lagi. Kuliner-kuliner tadi dapat ditemukan di berbagai tempat di Taiwan.

Selanjutnya, Zhang pun mengungkapkan bahwa negaranya tersebut juga merupakan destinasi yang tepat bagi para backpacker maupun solo traveler.

“Kami bisa menjamin bahwa Taiwan adalah negara yang aman bagi wisatawan asing. Masyarakat kami pun sangat welcome,” ucapnya.

Menurut Zhang, tak hanya di Taipei, di kota-kota besar lain di Taiwan juga banyak terdapat penginapan murah seperti guest house atau hostel mulai dari harga Rp150 ribu per malam.

“Bagi yang tidak bisa Bahasa Mandarin, petunjuk jalan dan transportasi umum di Taiwan juga telah dilengkapi dengan Bahasa Inggris untuk mempermudah wisatawan asing mengeksplor daerah-daerah di sana,” ucapnya. (umi)


viva

guegamersBerita & PolitikASIA,Desa Jiufen,Indonesia,Longshan Temple,Taiwan
Jiufen, salah satu destinasi wisata di Taiwan yang menjadi favorit turis Indonesia. (taiwan.net.tw) Jiufen, salah satu destinasi wisata di Taiwan yang menjadi favorit turis Indonesia. (taiwan.net.tw) VIVAlife - Mendengar kata Taiwan, yang terlintas di pikiran Anda pastilah artis-artis pemain serial drama yang tampan. Tak heran karena drama Taiwan sebenarnya telah lebih...

Comments

comments