JakVR - Virtual Reality Guide

Menara kambing di Afrika Selatan. (Panoramio)

Menara kambing di Afrika Selatan. (Panoramio)

VIVAlife – Anak-anak tangga meliuk mengitari sebuah menara tinggi di Afrika Selatan. Satu demi satu undakannya mengundang rasa penasaran. Di puncak menara, tersaji lanskap yang begitu indah jika dinikmati dari ketinggian.

Sayangnya, menara itu dibangun bukan untuk destinasi wisata manusia. Mengutip laman Amusing Planet, menara buatan Charles, pemilik kebun Fairview Wine and Cheese itu sengaja dibangun khusus untuk kambing.

Charles membuatnya demi meredakan rasa khawatir penduduk. Sebab, kambing dikenal sebagai hewan dengan rasa penasaran yang besar. Dengan kelompoknya, mereka bisa menyusuri jalan raya dan mencari makan hingga ke tempat-tempat yang sulit terjamah.

Kambing Maroko, dikenal sebagai hewan paling nekad. Ia berani memanjat pohon demi berbutir-butir kacang untuk disantap. Menaiki batu vertikal untuk menjilat garam pun bukan hal ekstrem bagi mereka. Itulah yang membuat penduduk khawatir.

Mereka takut, kambing-kambing akan memanjat pembatas vertikal dan merusak perkebunan yang telah dengan susah payah dirawat. Timbullah ide membuatkan menara untuk mereka panjat. Anak tangga sengaja dibuat melingkar, untuk memenuhi rasa penasaran kambing.

Tubuh menara dirangkai dari batu-bata, dengan tangga spiral yang mengelilinginya. Di bagian puncak, ada rumah mungil lengkap dengan jendela. Sehingga, ketika kambing mencapai atas menara, ia bisa menjulurkan kepala melalui jendela dan melihat pemandangan sekitar.

Menara unik itu dibangun sejak 1981. Hingga kini, ia tetap berdiri kokoh dan dijadikan simbol Fairview Wine and Cheese. Namun jangan kaget, itu bukan menara kambing pertama di dunia. Sebelumnya ada Fernando Guedes da Silva da Fonseca (1871-1946), petani yang ingin melindungi kebun anggurnya dan membuatkan menara untuk kambing.

Sukses mengalihkan perhatian para kambing, petani lain mengikuti cara Fernando. Beberapa menara kambing yang terkenal, di antaranya Menara Ekeby di Norwegia, Silky O’Sullivan, dan Menara Baaa di Amerika Serikat.

Menara Baaa dinobatkan sebagai menara kambing tertinggi di dunia. Ia dibangun tahun 1998, dengan tinggi 9,5 meter, diameter sekitar 2,1 meter, dan 276 anak tangga. (eh)


viva

guegamersBerita & PolitikAfrika Selatan,Amusing Planet,Fernando Guedes,Menara Baaa,Menara Ekeby
Menara kambing di Afrika Selatan. (Panoramio) Menara kambing di Afrika Selatan. (Panoramio) VIVAlife - Anak-anak tangga meliuk mengitari sebuah menara tinggi di Afrika Selatan. Satu demi satu undakannya mengundang rasa penasaran. Di puncak menara, tersaji lanskap yang begitu indah jika dinikmati dari ketinggian. Sayangnya, menara itu dibangun bukan untuk destinasi wisata manusia....

Comments

comments