JakVR - Virtual Reality Guide

Jamur kini banyak diolah menjadi berbagai hidangan. (istock)

Jamur kini banyak diolah menjadi berbagai hidangan. (istock)

VIVAlife – Jamur merupakan tumbuhan yang tidak memiliki klorofil. Umumnya ditemukan di tempat-tempat lembab dan cenderung bersifat parasit. Beberapa di antaranya beracun, tapi banyak juga yang bisa diolah menjadi beragam masakan.

Jamur yang bisa dimasak, umumnya mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Seperti protein, air, kalori, karbohidrat, zat besi, kalsium, vitamin B, vitamin C dan serat. Berikut beragam masakan jamur seperti dilansir Topik ANTV.

Jamur Kuping

Salah satu jenis jamur yang masuk dalam kelompok jelly fungi ini, memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Sebuah literatur pernah menyebutkan, bahwa lendir yang dihasilkan oleh jamur kuping dapat menetralkan racun yang terdapat dalam bahan makanan. Selain itu, jamur kuping juga turut membantu melancarkan sirkulasi darah.

Jamur kuping bisa diolah menjadi berbagai macam masakan. Salah satunya dijadikan bakso urat, seperti yang dilakukan oleh warung makan di Semarang, Jawa Tengah.

Cara membuatnya tidak jauh berbeda dengan bakso pada umumnya. Jamur direbus, dipotong kecil-kecil, lalu dimasukkan ke dalam adonan bakso. Adonan ini lalu direbus kembali hingga matang, dan bakso jamur siap dihidangkan.

Jamur Tiram

Jamur tiram menjadi favorit karena rasanya yang kenyal dan mirip dengan daging. Maka tak heran, jika sebuah rumah makan di Yogyakarta, memilih jamur tiram sebagai pengganti daging saat membuat steak. Pembuatannya pun mudah, jamur tiram disiram dengan air berbumbu, dibalur dengan tepung lalu digoreng hingga kering.

Sama dengan steak pada umumnya, steak jamur tiram ini juga dihidangkan di atas hotplate bersama buncis, wortel dan kentang. Selain lezat, jamur tiram juga bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya, dapat mencegah hipertensi, penyakit jantung, diabetes, anti tumor dan kekurangan zat gizi. Jamur ini juga cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Jamur Merang

Jenis jamur yang satu ini, bisa menambah kelezatan dalam mi ayam. Selain segar dan nikmat, jamur merang juga berkhasiat tinggi. Kandungan antibiotiknya dapat mencegah anemia, menurunkan darah tinggi dan mencegah penyakit kanker. Selain itu senyawa eritadenine yang terdapat di dalamnya juga dikenal sebagai penawar racun. (umi)
 
Lihat videonya di tautan ini.


viva

guegamersBerita & PolitikJamur Kuping Salah,Jamur Merang Jenis,Jamur Tiram Jamur,VIDEO
Jamur kini banyak diolah menjadi berbagai hidangan. (istock) Jamur kini banyak diolah menjadi berbagai hidangan. (istock) VIVAlife - Jamur merupakan tumbuhan yang tidak memiliki klorofil. Umumnya ditemukan di tempat-tempat lembab dan cenderung bersifat parasit. Beberapa di antaranya beracun, tapi banyak juga yang bisa diolah menjadi beragam masakan.Jamur yang bisa dimasak, umumnya...

Comments

comments