JakVR - Virtual Reality Guide

Gonggong, makanan khas Pulau Bintan. (Bintan World)

Gonggong, makanan khas Pulau Bintan. (Bintan World)

VIVAlife – Berkunjung ke Pulau Bintan, jangan hanya terpesona oleh keindahan alamnya. Perlu juga menjajal kuliner khasnya yang lezat menggigit. Ada beberapa yang jarang ditemukan di tempat lain. Karena dikelilingi laut, seafood menjadi masakan andalan di Pulau Bintan.

Dari beragam menu yang tersedia, setidaknya ada dua yang wajib coba: gonggong dan ketam saus merah. Gonggong sebenarnya merupakan sebutan lain untuk keong laut. Namun, menurut Tri Harsunu, koki di Bintan Agro Beach, gonggong jarang ditemukan di pulau lain.

Mengolah gonggong, semudah memasak kerang biasa. Tinggal rebus selama 15 menit di air panas. Setelah itu, tinggal mengolah sambalnya. Menurut Tri, sambal untuk gonggong dibuat dari kacang tanah, bawang putih, gula merah, cabai, dan sambal bangkok.

Cara memakannya, tinggal “comot” gonggong dari cangkangnya, persis seperti mengonsumsi kerang atau escargot. Kemudian, cocolkan ke sambal. Tekstur gonggong yang kenyal, langsung berpadu sempurna dalam balutan sambal. Pedas dan gurih menjadi satu.

Selain gonggong, coba juga ketam saus merah. Cara membuatnya, ketam atau kepiting digoreng lebih dulu sampai matang. Sementara itu, bumbu dibuat. Campuran bawang bombay, cabai merah, daun bawang, plum pasta, merica, telur, serta penyedap rasa dijadikan satu.

Setelah bumbu jadi, masukkan kembali ketam di dalamnya, dan aduk sampai matang. Proses itu kurang lebih memakan waktu sampai 10 menit. Setelah tercampur dengan baik, ketam saus merah pun siap disajikan. Campuran bumbu mampu membalut, dan meresap ke dalam daging ketam. Itu menimbulkan sensasi lezat di lidah.

Saksikan video lengkap pembuatan gonggong dan ketam saus merah, di sini.


viva

guegamersBerita & PolitikBintan Agro Beach,Bintan World,Menurut Tri,Pulau Bintan,VIDEO
Gonggong, makanan khas Pulau Bintan. (Bintan World) Gonggong, makanan khas Pulau Bintan. (Bintan World) VIVAlife - Berkunjung ke Pulau Bintan, jangan hanya terpesona oleh keindahan alamnya. Perlu juga menjajal kuliner khasnya yang lezat menggigit. Ada beberapa yang jarang ditemukan di tempat lain. Karena dikelilingi laut, seafood menjadi masakan andalan di Pulau...

Comments

comments